Jangan Anggap Sepele, Ini Akibatnya Jika Keluhan Pegal Linu Tak Segera Diatasi

Jangan Anggap Sepele, Ini Akibatnya Jika Keluhan Pegal Linu Tak Segera Diatasi

15-December-2020
Share

Dalam dunia kesehatan, pegal linu diartikan sebagai salah kondisi nyeri otot yang disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berat, kurangnya kalsium dan vitamin D dalam tubuh, bahkan hingga ancaman penyakit serius yang butuh penanganan segera. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menganggap sepele keluhan pegal linu untuk menghindari beberapa kemungkinan berikut ini.

Pegal Linu Akibat Kekurangan Kalsium dalam Tubuh

Tahukah Anda bahwa pegal linu yang seringkali Anda alami mungkin saja disebabkan oleh kekurangan kalsium? Yup, seperti yang sudah diketahui, kalsium memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh untuk membangun kekuatan tulang, gigi, serta menjaga kerja jantung, otot, dan saraf agar tetap maksimal. Saat seseorang kekurangan kalsium, umumnya mereka tidak selalu menunjukkan gejala, apalagi jika baru berlangsung dalam waktu singkat. Namun, untuk sebagian orang yang sudah mengalami kekurangan kalsium dalam jangka panjang, maka mereka akan mengalami beberapa gejala dan salah satunya adalah nyeri otot yang berkepanjangan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini tentunya akan memicu beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Kekurangan kalsium pada tubuh manusia ini biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin D dalam tubu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin D  dan mineral penting lainnya dalam tubuh melalui asupan makanan seperti ikan, bayam, kubis, kedelai, kuning telur, susu, dan juga menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga rutin setiap harinya.

Pegal Linu Akibat Aktivitas Berat

Sering melakukan aktivitas berat saat bekerja atau olahraga biasanya menjadi faktor utama mengapa seseorang mengalami pegal linu, terutama di beberapa bagian tubuh seperti pundak, punggung, pinggang, lengan, dan juga kaki. Pasalnya, beberapa otot tubuh inilah yang harus bekerja dua kali lipat lebih berat daripada biasanya. Selain dengan meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat dan melakukan gerakan peregangan, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meringankan pegal linu adalah dengan minum obat seperti NEO rheumacyl Oralinu yang mengandung bahan alami seperti kunyit, jahe, ginseng, dan beberapa kandungan herbal lainnya yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengurangi rasa pegal linu tetapi juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat pandemi seperti saat ini.

Kemasannya yang praktis, yaitu dalam bentuk sachet mempermudah Anda untuk membawa NEO rheumacyl Oralinu saat beraktivitas, sehingga bisa diminum kapan saja dan di mana saja saat pegal linu mulai terasa. Sebagai pencegahan pegal linu dan kecapekan akibat aktivitas yang cukup berat, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Tak perlu bingung, selain bisa membelinya secara langsung di toko obat atau Alfamart terdekat, Anda juga bisa mendapatkannya dengan lebih aman dan nyaman tanpa perlu repot dengan cara membelinya di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli.

Pegal Linu Berkepanjangan Tanda Gejala Penyakit Serius?

Jika Anda mengalami pegal linu berkepanjangan dan disertai beberapa keluhan lain seperti mudah lelah, kesemutan, kram, nafsu makan berkurang, dan juga gangguan psikologis, ada baiknya untuk segera mengonsultasikannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pasalnya, beberapa keluhan ini juga bisa menjadi pertanda munculnya penyakit lain yang lebih berabahaya jika tidak segera ditangani.

Source: sehatQ, Alodokter

Related Article

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More

OTOT

Tidak Perlu ke Luar Rumah, Solusi mandiri atasi Nyeri Otot dan Sendi

Bagaimana jika berada di rumah Anda mengalami masalah nyeri otot? Sedangkan situasinya belum memungkinkan untuk memanggil terapis dengan leluasa. Lantas ...

Read More