blog 1

ARTIKEL

Pada musim hujan, Anda juga lebih rentan mengalami masuk angin. Padahal faktanya, hal tersebut terjadi karena daya tahan tubuh mudah menurun terlebih saat musim hujan.

Badan Ngilu dan Pegal Setelah Kehujanan, Apa Penyebabnya?

Musim hujan sudah kembali datang. Artinya, Anda akan sering menghadapi momen kebasahan akibat hujan yang turun secara mendadak. Pada musim hujan, Anda juga lebih rentan mengalami ‘masuk angin’, yaitu kondisi tidak enak badan yang biasa terjadi setelah kehujanan atau kedinginanan. Dalam dunia medis, ‘masuk angin’ lebih umum dikenal sebagai flu atau common cold.

Istilah ‘masuk angin’ digunakan karena sebagian orang mempercayai kondisi tersebut disebabkan oleh banyaknya udara atau angin yang masuk ke dalam tubuh, terutama saat musim hujan. Padahal faktanya, hal tersebut terjadi karena daya tahan tubuh mudah menurun terlebih saat musim hujan.

Di musim hujan, udara berubah menjadi lebih dingin. Intensitas sinar matahari yang membantu proses sintesis vitamin D dalam tubuh juga ikut menurun. Padahal, vitamin D merupakan nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan menurunnya daya tahan tubuh, seseorang akan rentan terserang penyakit termasuk masuk angin. Gejala dari ‘masuk angin’ atau common cold antara lain seperti pegal linu, pusing, mual, demam, hidung tersumbat, dan lain sebagainya. Pegal linu biasanya menjadi gejala awal yang dirasakan saat ‘masuk angin’. Kelelahan dan suhu udara yang dingin cenderung memperburuk kondisi yang Anda rasakan

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman hangat, beristirahat yang cukup, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Sedangkan untuk meringankan gejala pegal linu yang membuat tubuh terasa tidak nyaman, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal untuk pegal linuNEO rheumacyl Oralinu merupakan Obat Herbal Terstandar yang sudah terbukti secara ilmiah untuk membantu meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok, dan sakit otot pinggang. Dalam bentuk cair yang dikemas dalam sachet, Anda bisa mengonsumsinya dimana saja dan kapan saja ketika membutuhkan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Pegal Linu akibat Olahraga dan Arthritis yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber: SehatQ, Siloam Hospitals

SHARE ON :