...

Sering Kesemutan di Kaki? Ini Penyebabnya

23-January-2018
Share

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki, tetapi apakah Anda benar-benar memahami apa itu kesemutan, penyebabnya, dan apa artinya dalam dunia kesehatan? Pada umumnya kesemutan terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk kaki tanpa mengganti posisi. Hal ini menyebabkan terganggunya sistem saraf sensorik yang kemudian menyebabkan salah satu organ tubuh seperti mati rasa.

Dalam istilah medis kesemutan dikenal sebagai parestesia. Berbahaya atau tidaknya kesemutan tergantung penyebabnya. Apabila dikarenakan posisi duduk atau tidur yang salah dalam waktu lama bisa jadi itu gejala alami, namun jika disebabkan oleh suatu penyakit atau merupakan gejala dari suatu penyakit tentunya hal ini perlu Anda waspadai.

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. Kesemutan kronis dapat mengindikasikan gangguan saraf yang lebih permanen. Kondisi atau jenis penyakit yang dapat mengindikasikan serta menyebabkan kesemutan antara lain:

Kondisi #1 : Malnutrisi

Merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk membantu berkerjanya fungsi sistem saraf, diantaranya vitamin B1, B6, dan B12.

Kondisi #2 : Diabetes

Penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok saraf di jari tangan dan kaki, hal ini dapat menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa di tangan dan kaki (neuropati perifer).

Kondisi #3 : Saraf Kejepit

Dikenal juga dalam dunia media sebagai pinched nerve, sebuah kondisi dimana saraf tertekan oleh bagian sekitarnya. Ketika Anda mengalami kondisi saraf terjepit, tubuh Anda akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri.

Kondisi #4 : Guillain-Barre Syndrome

Kesemutan pada sindrom ini biasanya terasa di sekujur tubuh, khususnya pada ujung jari kaki dan tangan karena virus menyerang sistem saraf tepi. Pada kasus ini sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi justru menyerang sistem saraf perifer yang bertanggung jawab mengendalikan pergerakan tubuh.

Kondisi #5 : Stroke

Kesemutan dapat jadi tanda stroke ringan. Biasanya disebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan saraf setempat.

Agar tidak mudah merasakan kesemutan, sebaiknya jaga asupan nutrisi tubuh dan rajinlah berolahraga. Penuhi kebutuhan vitamin B1, B6, dan B12 yang baik untuk menjaga kesehatan saraf serta mengatasi kram dan kesemutan dengan mengonsumsi NEO rheumacyl Neuro. Selain itu NEO rheumacyl Neuro juga mengandung Ibuprofen yang dapat mengatasi pegal dan nyeri otot.

Related Article

SARAF OTOT

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga - lebih seru lagi jika dilakukan bersama ...

Read More

SARAF OTOT

Mengenal Sindrom Kaki Datar

Mengenal Sindrom Kaki Datar - Jika telapak kaki Anda termasuk datar, berarti Anda mengalami sindrom kaki datar atau flat feet. ...

Read More

SARAF OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot Mana yang Cocok untuk Anda

Obat Pereda Nyeri Otot Mana yang Cocok untuk Anda - Coba cari tahu jenis nyeri yang Anda alami dan pilih ...

Read More