...

Mengapa Terjadi Kesemutan?

07-June-2017
Share

Siapa sih yang tak pernah kesemutan? Dengan duduk bersila saja, tiba-tiba sudah terasa kesemutan di paha atau di ujung kaki. Namun tak banyak yang tahu apa Penyebab Kesemutan. Sebenarnya kesemutan yang disebut dalam dunia medis sebagai parestesia ini terjadi karena aliran darah yang tidak lancar pada bagian tubuh tertentu. Alhasil bagian tubuh yang tak teraliri darah tersebut menjadi mati rasa dan akan terasa sensasi panas dan seperti ditusuk-tusuk sampai nantinya darah kembali lancar lagi.

Namun ada juga kasus kesemutan yang berkepanjangan. Hal ini merupakan hal yang patut kita waspadai bersama, karena bisa jadi merupakan gejala gangguan kesehatan yang lebih serius. Yang menyebabkan Masalah kesemutan berkepanjangan ini antara lain :

1. Kekurangan vitamin B12
Kekurangan nutrisi terutama vitamin B12 adalah salah satu penyebab utama masalah syaraf di Indonesia. Termasuk yang ditandai dengan rasa kesemutan terus menerus, sering kram, serta mudah kelelahan.

2. Penyakit yang menyerang syaraf
Beberapa penyakit autoimun bisa dikenali dengan gejala awal kesemutan. Contohnya seperti Guillain-Barre syndrome yang menyerang saraf tepi, serta penyakit Lupus. Jika kesemutan terjadi di pergelangan tangan, bisa jadi ini adalah indikasi penyakit syaraf Carpal Tunnel Syndrome. Kerusakan saraf neuropati perifer juga bisa berangsur semakin parah hingga menyebabkan kelumpuhan, sehingga gejala kesemutan ini jangan diabaikan!

3. Penyakit sistemik
Penyakit sistemik yang ditandai dengan masalah dalam fungsi berbagai organ tubuh sekaligus juga bisa menimbulkan sensasi kesemutan. Contohnya stroke, diabetes, gangguan tiroid, bahkan kanker. Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami kesemutan yang disertai rasa nyeri dada, kesulitan bergerak, hilang kesadaran, hilang kendali pada saluran pencernaan atau kandung kemih.

Related Article

OTOT

Hati-hati, 3 Fashion Items ini Bisa Memicu Nyeri Otot

Hati-hati, 3 Fashion Items ini Bisa Memicu Nyeri Otot - ...

Read More

OTOT

Cara Membereskan Rumah yang Bebas Pegal

Cara Membereskan Rumah yang Bebas Pegal - Lantas, mungkinkan membereskan rumah tanpa mengakibatkan rasa pegal? Simak tips di bawah ini. ...

Read More

OTOT

4 Tips Nobar Seru Jelang Final Piala Dunia

4 Tips Nobar Seru Jelang Final Piala Dunia - Sudah saatnya Anda merencanakan nobar untuk pertandingan final nanti. Agar semakin ...

Read More