blog 1

ARTIKEL

Berikut ini adalah tips mengubah posisi tidur supaya tidak bikin nyeri otot ataupun menimbulkan masalah kesehatan lainnya!

Tips Mengubah Posisi Tidur Supaya Tidak Bikin Nyeri Otot

Salah posisi tidur atau sering dikenal dengan istilah ‘salah bantal’ adalah salah satu penyebab nyeri otot dan pegal yang Anda alami ketika bangun tidur. Oleh karena itu sangat penting menemukan posisi tidur yang tepat. Namun ternyata, posisi tidur perlu disesuaikan dengan kondisi setiap orang. Berikut ini adalah tips mengubah posisi tidur supaya tidak bikin nyeri otot ataupun menimbulkan masalah kesehatan lainnya!

 

Tidur miring ke kiri jika….

 

Tidur miring ke kiri mungkin berguna untuk mendorong buang air besar secara teratur. Usus kecil Anda memindahkan limbah ke usus besar Anda melalui sesuatu yang disebut katup ileocecal, yang ditemukan di perut kanan bawah. Tidur di sisi kiri Anda berpotensi memungkinkan gravitasi membantu proses pemindahan limbah melalui katup ileocecal Anda.

 

Catatan:

Jika Anda lebih suka tidur miring, pilih bantal yang bagus untuk menghindari sakit leher dan punggung. Tidur di sisi mana pun yang terasa paling nyaman, tetapi jangan takut untuk beralih ke posisi lain jika itu tidak berhasil untuk Anda.

 

Tidur telentang jika…

 

Tidur telentang menawarkan manfaat kesehatan paling banyak. Ini melindungi tulang belakang Anda, dan juga dapat membantu meredakan nyeri pinggul dan lutut.

 

Tidur telentang menggunakan gravitasi untuk menjaga tubuh Anda tetap sejajar dengan tulang belakang Anda. Ini dapat membantu mengurangi tekanan yang tidak perlu pada punggung atau persendian Anda. Bantal di belakang lutut Anda dapat membantu menopang lekukan alami punggung. Namun tidur telentang kurang cocok jika Anda memiliki gangguan mendengkur atau sleep apnea. Ini juga bisa menyulitkan bagi siapa saja dengan sakit punggung, itulah sebabnya penting untuk memastikan Anda didukung dengan benar.

 

Catatan:

Jika Anda tidur telentang, cobalah tidur dengan bantal di belakang lutut untuk mengurangi nyeri punggung dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Jika Anda sesak, Anda juga dapat menopang diri Anda dengan bantal tambahan untuk membuat pernapasan lebih mudah.

 

Hati-hati tidur tengkurap!

 

Tidur tengkurap adalah posisi tidur terburuk—walaupun cocok untuk Anda yang memiliki keluhan mendengkur atau sleep apnea. Namun untuk pegal dan nyeri otot, posisi ini sangat tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan sakit leher dan punggung. Posisi ini juga dapat menambah banyak ketegangan yang tidak perlu pada otot dan persendian Anda, itulah sebabnya Anda mungkin terbangun dengan rasa sakit dan lelah. Menempatkan bantal di bawah perut bagian bawah dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

 

Catatan:

Untuk membuat tidur tengkurap lebih nyaman, cobalah tidur dengan bantal kepala tipis – atau tanpa bantal – untuk mengurangi tekanan tambahan pada leher Anda. Anda juga dapat mencoba menyelipkan bantal di bawah panggul untuk mengurangi nyeri punggung bawah.

 

 

Temukan posisi tidur terbaik untuk Anda

 

Jadi, bagaimana Anda mengetahui posisi tidur mana yang terbaik untuk Anda? Tidak ada posisi yang cocok untuk semua orang, jadi Anda perlu bereksperimen agar dapat menemukan posisi yang nyaman dan membuat Anda merasa cukup istirahat (dan bebas rasa sakit) saat bangun tidur.

 

Keluhan

Rekomendasi Posisi

Tips

Sakit punggung bawah

Miring, fetal position

Letakkan bantal di antara lutut untuk membantu penyelarasan tulang belakang.

Sakitr leher

Telentang, miring

Gunakan bantal yang lebih tebal jika tidur miring dan bantal yang lebih tipis saat tidur telentang.

Sleep apnea/mendengkur

Miring, fetal position, tengkurap

Jika tidur tengkurap, coba letakkan bantal di bawah panggul dan pertimbangkan untuk menggunakan bantal yang lebih tipis di bawah kepala.

Asam lambung

Miring

Tidur miring ke sisi kiri lebih dianjurkan daripada ke sisi kanan.

Hamil

Miring, fetal position

Bereksperimenlah dengan menggunakan bantal untuk menambah kenyamanan.

Sinus

Telentang

Sangga kepala Anda dengan bantal ekstra untuk membantu drainase (Posisi kepala agak tinggi).

Saking pinggul atau lutut

Telentang

Letakkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi tekanan dari tulang belakang Anda.

Ingat, Anda tidak perlu mengubah posisi tidur jika tidak ada masalah. Lakukan apa yang terasa nyaman untuk Anda dan dapat membuat Anda terbangun dengan perasaan segar. Bila nyeri otot terasa, redakan dengan  NEO rheumacyl Otot dan Sendi Cream Tube Varian HOT atau Hangat. Membantu redakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Panasnya pas, cepat meresap dan tidak lengket.

SHARE ON :