Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

11-May-2018
Share

Pernahkah Anda terbangun di malam hari dari merasa paha, betis, atau telapak kaki Anda kaku dan tertarik? Atau mungkin Anda merasakannya saat sedang berolahraga? Anda mungkin pernah mengalami hal-hal tersebut atau yang biasa dikenal sebagai kram. Kram bisa terjadi karena berbagai alasan diantaranya.

Kekurangan mineral

Kekurangan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium dapat menyebabkan kaki kram. Itu sebabnya kram juga kerap dialami wanita hamil, karena ketika hamil sangat mungkin terjadi kekurangan kalsium dan magnesium khususnya pada semester akhir kehamilan.

Aliran darah tidak lancar

Jika Anda sedang berolahraga, terkadang terjadi penyempitan arteri yang mengalirkan darah ke kaki. Hal ini wajar terjadi, apalagi jika Anda tidak melakukan pemanasan dengan benar. Coba hentikan sejenak kegiatan olahraga Anda, biasanya kram akan mereda dan hilang dengan sendirinya.

Otot bekerja terlalu keras

Berolahraga terlalu keras, mengangkat beban yang berat, terlalu lama duduk atau berdiri, atau bahkan posisi tidur yang kurang nyaman ternyata juga bisa menyebabkan kram. Hal ini dikarenakan otot Anda dipaksa bekerja terlalu kears.

Dehidrasi

Kurang cairan juga bisa menyebabkan kram, ibaratnya otot-otot Anda seolah merasa ‘haus’. Untuk itu kebutuhan air harus selalu tercukupi. Apalagi jika Anda melakukan banyak aktivitas tanpa asupan cairan yang cukup.

Suhu dingin

Jika Anda terpapar suhu dingin saat mandi, berenang, atau kehujanan, maka Anda juga rentan mengalami kram.

Apa yang bisa dilakukan?

Jangan membuat otot Anda bekerja keras tanpa persiapan yang cukup. Jika Anda ingin berolahraga misalnya, pastikan sudah melakukan pemanasan yang memadai dan tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu aliran darah akan tetap lancar dan otot lebih lentur. Untuk mengatasi kram yang sudah terlanjur muncul, Anda bisa menghentikan aktivitas sejenak, memijat ringan bagian yang kram, dan minum NEO rheumacyl Neuro. Mengandung Ibuprofen yang bisa meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

Related Article

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling - Pada akhirnya akan mengganggu keseruan perjalanan Anda. Agar bebas dari nyeri ...

Read More

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar - Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan, cek tips ...

Read More

OTOT

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan ...

Read More