blog 1

ARTIKEL

Jika kebetulan Anda mengalami masalah tidur akibat badan lelah dan pegal linu, simak beberapa cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Tidur Akibat Kelelahan dan Pegal Linu

Jika keluhan pegal linu di siang hari seringkali membuat kita tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka lain halnya saat malam tiba. Rasa nyeri di beberapa bagian tubuh ini pada akhirnya juga turut merampas waktu tidur Anda. Tak hanya membuat tidur tidak nyenyak, keluhan pegal linu juga dapat menyebabkan kecemasan dan berpotensi memicu gangguan kesehatan lainnya.

Melansir dari WebMD.com, rasa sakit atau nyeri di bagian tubuh merupakan sensasi yang kita rasakan saat saraf dirangsang hingga tingkat yang intens. Stimuli yang berupa rasa sakit ini pada akhirnya membuat otak tetap aktif, sehingga kita tetap terjaga di malam hari. Beberapa penyebab tubuh terasa lelah, pegal linu, dan akhirnya membuat kita mengalami masalah tidur diantaranya adalah olahraga yang terlalu berat dan berlebihan, melakukan aktivitas yang cukup berat setiap harinya, berkendara dalam jarak jauh, kurangnya cairan tubuh, hingga kurangnya waktu tidur.

Cara mengatasi masalah tidur akibat kelelahan dan pegal linu

Jika kebetulan Anda mengalami masalah tidur akibat badan lelah dan pegal linu, simak beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Hindari olahraga yang terlalu berat

Alih-alih membuat badan terasa segar, sehat, dan stamina meningkat, olahraga terlalu berat justru dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan dan disertai keluhan pegal linu. Apalagi jika kamu sudah lama tidak berolahraga. Oleh karena itu, sebaiknya mulai aktivitas fisik dengan olahraga ringan, diawali dengan pemanasan, dan cukup dilakukan selama 30 menit setiap sesinya. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar otot tubuh tidak terasa tegang dan menyebabkan pegal linu di badan.

2. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten

Tidak memiliki jadwal tidur yang teratur juga dapat menyebabkan masalah tidur. Oleh karena itu, hindari begadang dan usahakan untuk tidur pada jadwal yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan. Ini akan membantu tubuh terbiasa dengan rutinitas tidur yang sama.

3. Meminimalkan paparan cahaya sebelum tidur

Tidur di dalam ruangan dengan paparan cahaya yang terlalu terang di malam hari dapat menghambat produksi melatonin. Kondisi ini jugalah yang dapat membuat kita sulit tertidur lebih awal. Selain berasal dari lampu, cahaya yang keluar dari perangkat elektronik seperti tablet, smartphone, komputer, dan TV pun dapat mengganggu tidur. Oleh karena itu, sebaiknya atur pencahayaan ruangan seminim mungkin saat akan tidur di malam hari, ya.

4. Melakukan rutinitas malam sebelum tidur

Cara untuk mengatasi masalah tidur akibat kelelahan dan pegal linu selanjutnya adalah dengan melakukan rutinitas malam sebelum tidur dengan beberapa aktivitas seperti:

  • Mandi air hangat.
  • Menggunakan pakaian tidur yang nyaman.
  • Atur pencahayaan seminim mungkin.
  • Pasang aromaterapi.
  • Memijat bagian tubuh yang terasa pegal linu untuk mengurangi peradangan pada otot, mengembalikan kelenturan tubuh, dan juga mengurangi rasa lelah yang muncul setelah melakukan aktivitas yang cukup berat.

5. Batasi konsumsi kafein di siang hari

Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat mengganggu pengaturan waktu tidur di pada malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kafein hanya satu cangkir satu hari. Hindari untuk mengonsumsinya saat mendekati waktu tidur (sore atau malam hari).

6. Memenuhi kebutuhan air mineral

Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini akan menyebabkan kita merasa kelelahan dan memicu timbulnya rasa pegal di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Dengan begini, rasa pegal bisa teratasi dan Anda pun bisa terhindar dari dehidrasi dan masalah sulit tidur perlahan teratasi.

7. Minum obat pegal linu

Jika keluhan badan pegal linu cukup mengganggu aktivitas harian dan istirahat Anda di malam hari, minum obat pereda pegal linu yang mengandung paracetamol dan ibuprofen di dalamnya.

SHARE ON :