Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga

22-May-2018
Share

Olahraga seharusnya jadi kegiatan yang menyegarkan tubuh, namun apa jadinya jika setelah berolahraga , otot-otot Anda justru terasa nyeri. Jangan sampai Anda malah jadi kapok dan malas berolahraga. Nyeri otot adalah reaksi yang normal terjadi jika otot Anda melakukan aktivitas berat. Apalagi jika sebelumnya, Anda bukan tipikal orang yang rutin berolahraga. Anda hanya perlu tahu cara menangani nyeri otot dengan tepat sehingga tetap bisa berolahraga dengan nyaman.

Cegah dengan pemanasan

Jangan malas stretching alias pemanasan! Hal ini sangat penting dilakukan. Bahkan para atlet paling profesional yang berlatih setiap hari pun tak akan melewatkan stretching. Apalagi Anda. Stretching bisa membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget ketika digunakan untuk berolahraga. Risiko nyeri otot pun bisa diminimalisir.

Pijat bagian nyeri

Jika ada bagian yang terasa nyeri, Anda bisa mencoba memijatnya perlahan. Lebih baik lagi jika Anda bisa merelaksasi otot dengan cara berendam dala atau mengompresnnya dengan air hangat. Selain membantu melancarakan peredaran darah, hal ini juga bisa membuat otot lebih santai.

Perhatikan makanan

Jika Anda sedang (atau sering) mengalami nyeri otot, cobalah untuk lebih memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebab mengonsumsi cukup protein, karbohidrat, dan lemak yang sehat dapat memperbaiki dan mempertahankan kondisi otot, bahkan dapat menangkal nyeri otot.

Kompres es

Mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin adalah cara untuk mengurangi peradangan tanpa efek samping. Es juga terbukti bisa menurunkan risiko inflamasi.

Terus bergerak

Sebagian orang mungkin merasa kapok ketika seluruh tubuhnya terasa  nyeri. Tetapi ternyata salah satu cara untuk melawan nyeri tersebut adalah terus bergerak dan berolaharga. Sebab, dengan membiasakan diri, lambat laun otot Anda akan semakin lentur dan tak akan nyeri lagi ketika dipergunakan berolahraga. Jadi usahakan tetap aktif, sebab metode ini dijebut juga sebagai active recovery.

NEO rheumacyl Cream

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengoleskan NEO rheumacyl Cream, karena diformulasikan dengan tepat yang terbukti efektif meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal-pegal. NEO rheumacyl Cream cepat meresap, panasnya pas & tidak lengket di kulit sehingga pergerakan menjadi lancar kembali.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More