Penyebab Anda Sering Nyeri Otot

Penyebab Anda Sering Nyeri Otot

25-September-2017
Share

Jika tubuh sudah mulai dilanda nyeri otot, rasanya malas untuk beraktivitas. Jangankan berjalan jauh atau berolahraga, duduk di bangku kerja saja terasa sangat tidak nyaman. Nyeri Otot sebenarnya cukup umum terjadi, apalagi jika Anda termasuk sering melakukan aktivitas fisik yang berat. Akan tetapi jika frekuensinya terlau sering, ada baiknya Anda mencari tahu penyebab nyeri otot yang Anda alami dan memutuskan apakah perlu menemui dokter atau tidak.

                Kebanyakan nyeri atau kram otot terjadi di kaki, khususnya bagian betis. Anda akan merasakan nyeri yang tajam secara mendadak dan bisa merasakan benjolan keras dari jaringan otot di bawah kulit saat merabanya dengan telapak tangan. Penyebabnya ada berbagai macam, di antaranya saat Anda terlalu memforsir penggunaan otot, dehidrasi, otot tegang, dan terlalu lama berada dalam sebuah posisi. Meskipun tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya, namun ada beberapa penyebab yang berhubungan dengan kondisi kesehatan  Anda secara keseluruhan yaitu:

  • Penyempitan arteri yang memberikan aliran darah ke dapat menghasilkan nyeri  dan kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Nyeri ini akan menghilang setelah Anda menghentikan gerakan olahraga yang sedang Anda lakukan.
  • Tekanan pada bagian saraf tulang belakang (lumbal stenosis) juga dapat menghasilkan nyeri dan kram di kaki. Bahkan rasa nyerinya bisa bertambah semakin lama Anda berjalan. Hindari berjalan dengan posisi membungkuk atau menekuk seperti saat Anda mendorong troli belanja di depan Anda dapat meningkatkan kemungkinan nyeri.
  • Kekurangan kalium, kalsium, dan magnesium dari menu diet Anda bisa menyebabkan otot kaki terasa nyeri. Mengonsumsi diuretik (obat untuk tekanan darah tinggi) juga dapat menguras mineral ini.

Kemungkinan nyeri otot juga bertambah jika Anda termasuk orang berusia lanjut, wanita hamil, dehidrasi, serta mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan saraf, serta kelainan fungsi tiroid dan hati.

Jika Anda dalam kondisi sehat dan normal, nyeri otot bisa diatasi dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu menghentikan aktivitas Anda sejenak, meluruskan dan merenggangkan tubuh khususnya pada bagian yang terasa nyeri, sambil mengoleskan NEO rheumacyl cream yang efektif meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal.

Namun jika Nyeri Otot Anda tidak kunjung hilang, menyebabkan ketidaknyamanan parah, kaki bengkak, perubahan warna kulit, otot terasa melemah, meskipun Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, sebaiknnya lakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More