blog 1

ARTIKEL

Nyeri sendi dan pergelangan tangan saat kembali bekerja di kantor harus segera dilakukan untuk mencegah keluhan bertambah parah. Namun, bagaimana caranya?

Tips Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan Saat Kembali Bekerja di Kantor

Meski akan terasa sakit dan kurang nyaman, mengatasi nyeri sendi dan pergelangan tangan saat kembali bekerja di kantor harus segera dilakukan untuk mencegah keluhan bertambah parah. Namun, bagaimana caranya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan 

Saat kembali bekerja di kantor, bagian tubuh yang seringkali mengalami nyeri sendi adalah bahu, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Hal ini terjadi karena otot yang tegang akibat duduk terlalu lama sambil menatap layar komputer. Selain beberapa bagian tubuh tadi, bekerja di kantor juga memicu nyeri sendi terutama di bagian jari tangan atau yang dikenal juga dengan trigger finger. Gangguan ini biasanya terjadi akibat adanya jaringan di sekitar jari tangan (tendon) yang mengalami peradangan, sehingga tendon tidak bisa bergerak dan jari tangan menjadi kaku atau terkunci.

Meski masih belum diketahui dengan jelas penyebab utamanya, namun beberapa hal ini bisa memicu seseorang mengalami nyeri sendi di jari tangannya.

  • Melakukan aktivitas yang cukup berat dan melibatkan kerja otot jari tangan secara berulang
  • Menggenggam benda terlalu kuat dalam waktu yang lama
  • Pernah mengalami cidera pada bagian telapak tangan atau pangkal jari
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, dan rheumatoid arthritis

Sedangkan nyeri di pergelangan tangan yang dikenal dengan sebutan sindrom carpal tunnel (sindrom lorong karpal) merupakan kondisi di mana seseorang mengalami mati rasa, kesemutan, lemah, nyeri, dan kebas di sekitar pergelangan tangan hingga ke jari tangan. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada saraf median di pergelangan tangan dan beberapa tendon yang terhubung dari lengan bawah ke tangan melalui carpal tunnel. Beberapa faktor yang memicu terjadinya sindrom ini antara lain.

  • Penyakit hipotiroidisme, arthritis, dan diabetes.
  • Melakukan gerakan yang berulang.
  • Benturan tiba-tiba.
  • Cidera.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Sendi dan Pergelangan Tangan yang Terjadi?

Untuk mengatasi nyeri sendi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Mengoleskan krim pereda nyeri sendi seperti seperti  NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dengan kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) untuk nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang di bagian yang terasa sakit sambil memberikan pijatan di area yang terasa nyeri secara berulang dengan gerakan memutar, misal di bagian pinggang, bahu, dan pergelangan tangan.
  • Jika keluhan nyeri sendi terasa cukup sakit, Anda bisa mengoleskan NEO rheumacyl Cream HOT sambil memijat bagian yang terasa nyeri.
  • Mengistirahatkan tangan dari kegiatan yang dilakukan berulang. Tujuannya adalah untuk mengurangi peradangan pada tendon. Tapi tak perlu khawatir, Anda juga bisa menggunakan bantuan alat seperti hand splint untuk menjaga agar jari tidak menekuk dan menimbulkan nyeri yang berlebihan.
  • Saat rasa kaku dan nyeri pada sendi jari tangan mulai melanda, Anda bisa mengatasinya dengan mengompres menggunakan air dingin. Tujuannya adalah memberikan rasa nyaman melalui sensasi dingin yang muncul dan juga meredakan benjolan yang mungkin muncul di pangkal jari.

Kembali bekerja di kantor, yuk selalu sediakan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dan NEO rheumacyl Cream HOT setiap saat untuk membantu mengatasi nyeri sendi dan pergelangan akibat aktivitas berat dan melelahkan. Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkannya dengan membelinya secara online hanya di >Tempo Store Official sekarang juga!

SHARE ON :