Ragam Obat Herbal Pegal Linu dan Cara Mengonsumsinya

Ragam Obat Herbal Pegal Linu dan Cara Mengonsumsinya

16-March-2021
Share

Hadirnya berbagai jenis obat herbal pegal linu tentunya sangat mempermudah kita saat membutuhkan pertolongan pertama ketika badan terasa pegal akibat aktivitas yang berat. Selain aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami, biasanya obat herbal ini sangat mudah didapatkan. Kira-kira apa saja dan mana yang menjadi favorit Anda, ya?

Obat Herbal Pegal Linu “Empon-empon”

Selama pandemi, istilah “empon-empon” tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Yup, ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal yang berasal golongan rimpang seperti jahe, kunyit, dan ginseng ini terbukti bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Tak hanya itu saja, empon-empon juga ternyata sangat ampuh untuk mengobati pegal linu dan nyeri otot yang seringkali dialami setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam bahan herbal seperti:

  • Jahe

Dilansir dari hellosehat.com, penelitian dalam Journal of Pain menemukan bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang efektif membantu mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit, dan pembengkakan pada tubuh. Selain dijadikan sebagai salah satu bahan empon-empon, jahe juga seringkali dinikmati dengan cara direbus, dan air rebusannya bisa dikonsumsi dengan tambahan madu sebagai salah satu ramuan tradisional yang bisa membantu mengurangi pegal, menghangatkan tubuh, dan juga meredakan batuk.

  • Kunyit

Tanaman rimpang selanjutnya adalah kunyit yang juga bisa dijadikan sebagai obat herbal pegal linu berkat kandungan antioksidan dan juga sifat antiinflamasi yang ada di dalamnya. Selain dijadikan jamu, kita juga bisa mengonsumsi perasan kunyit yang dicampur dengan air perasan lemon untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi keluhan nyeri serta pegal linu, terutama untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi.

  • Ginseng

Sama seperti jahe dan kunyit, ginseng juga mengandung antioksidan yang berperan dalam menyembuhkan peradangan sebagai pemicu pegal linu pada tubuh.

Jamu Tradisional

Obat herbal pegal linu selanjutnya adalah jamu tradisional, mulai dari kunyit asem, jamu temulawak, beras kencur, cabai puyang, dan masih banyak lagi karena kandungan antioksidan di dalamnya sangat baik untuk mencegah peradangan yang menyebabkan pegal linu pada tubuh akibat melakukan aktivitas berat secara berulang. Biasanya, jamu tradisional ini banyak dimanfaatkan oleh orang nenek moyang kita sebagai pertolongan pertama saat sakit.

Wedang Uwuh

Ada juga obat herbal pegal linu yang disebut “wedang uwuh”  yang jika diartikan secara langsung memiliki arti ‘minuman sampah’, namun ini hanyalah istilah saja. Bahan alami yang terkandung di dalamnya antara lain campuran beberapa rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Campuran rempah ini nantinya kita seduh menggunakan air panas dan lama-kelamaan airnya akan berubah warna menjadi kemerahan dan bisa dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

Oralinu

Selain beberapa contoh obat herbal untuk mengobati pegal linu di atas, saat ini Anda juga bisa menikmati manfaat kandungan dari tanaman herbal seperti esktrak jahe, kunyit, ginseng, madu, daun mint, dan bahan herbal lainnya secara praktis tanpa perlu repot dengan cara mengonsumsi NEO rheumacyl Oralinu, terutama saat mengalami pegal linu pada tubuh akibat kecapekan beraktivitas sehari-hari.

Selain kemasan sachetnya yang praktis, Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah dan aman secara online hanya di e-commerce kesayangan Anda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID dan Gogobli.

Related Article

SENDI

Pegal Linu Tangan dan Kaki Melanda Saat Bekerja di rumah? Beberapa Tips Ini Bantu Meredakannya

Selama pandemi, apakah Anda lebih sering mengalami pegal linu tangan dan kaki selama bekerja dari rumah? Lalu, bagaimana cara meredakan ...

Read More

SENDI

Kelelahan Akibat Bekerja di Rumah Berujung Pegal Linu? Intip Cara Mengatasinya Berikut Ini

Bekerja di rumah selama pandemi justru membuat Anda sering pegal linu? tak perlu bingung, beberapa cara berikut ini bisa bantu ...

Read More

SENDI

Cara Mengobati Persendian Lutut untuk Anda yang Sering Naik Turun Tangga

Tak melulu dialami oleh lanjut usia, sakit lutut juga banyak dialami oleh mereka yang masih berada di usia muda, salah ...

Read More