blog 1

ARTIKEL

Makanan berikut ternyata ampuh meredakan nyeri sendi yang kita alami, loh. Apa saja ya makanan pereda nyeri sendi yang ajaib itu?

Makanan Pereda Nyeri Sendi. Mana Favorit Anda?

Percayakah Anda bahwa segala macam kebaikan bagi tubuh kita sebagian besar berasal dari apa yang kita makan? Tak terkecuali makanan yang ternyata sangat ampuh untuk meredakan nyeri sendi yang kita alami. Apa saja ya makanan pereda nyeri sendi yang ajaib itu?

 

Makanan Pereda Nyeri Sendi: Bayam!

Bayam dikenal sebagai sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi, antioksidan, dan asam nitrat yang baik untuk membangun jaringan otot agar lebih kuat. Meski begitu, tak jarang juga yang tidak menyukai sayur bayam karena alasan aroma atau rasanya yang aneh. Well, untuk dapat menikmati sayur bayam, simak beberapa hal berikut ini.

  • Mengetahui jenis bayam: bayam merah, bayam cabut (untuk tumisan dan kuah), bayam petik (untuk dibuat keripik karena bentuk daunnya yang lonjong, lebar, dan lebih tebal) dan bayam bayi (baby spinach). Jenis bayam yang berbeda, makan berbeda pula cara mengolahnya untuk mendapatkan rasa yang lezat.
  • Jangan dimasak terlalu lama, karena selain bisa membuat teksturnya terlalu lembek, memasak dalam waktu yang lama juga bisa mengurangi nutrisi yang terkandung dalam bayam. Tahukah Anda bahwa hanya dengan merendam bayam dalam air panas selama 30 detik juga sudah bisa dikonsumsi, lho.
  • Segera konsumsi dan habiskan sayur bayam setelah dimasak. Menyimpan sayur bayam terlalu lama akan mengubah kandungan zat besi menjadi racun dan memicu penyakit kanker, hal ini bisa terlihat saat sayur bayam berubah warna menjadi kehitaman lima jam setelah dimasak.

Bayam juga termasuk salah satu makanan yang kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk kesehatan saraf, sama halnya beberapa makanan lain seperti ikan, kerang, daging, telur, dan susu. 

 

Makanan yang Kaya Akan Vitamin D

Makanan yang ampuh membantu meredakan nyeri sendi selanjutnya adalah makanan yang kaya akan vitamin D. Vitamin inilah yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan tidak mudah keropos saat lanjut usia. Jika kandungan vitamin D dalam tubuh kurang, maka besar kemungkinan orang tersebut dapat mengalami kelainan tulang atau mudah mengalami cidera di beberapa bagian tubuh yang rawan, seperti pergelangan kaki, siku, dan pergelangan tangan. 

Oleh karena itu, usahakan untuk  mencukupi kebutuhan vitamin D melalui beberapa makanan seperti udang, ikan, dan susu. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup di pagi hari, karena inilah yang merupakan sumber vitamin D terbaik bagi tubuh. 

 

Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Sama halnya vitamin D, vitamin C juga sangat penting untuk persendian, yaitu untuk mencukupi kandungan kolagen pada tubuh. Kolagen inilah yang berperan memperlancar kerja persendian, struktur tendon, tulang rawan, serta ligamen. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan, seperti jeruk, lemon, strawberry, dan lain-lain.

 

Nah, dari beberapa makanan pereda nyeri sendi di atas, mana yang menjadi favorit Anda? Selain dengan banyak mengonsumsi makanan di atas saat mengalami nyeri sendi, Anda juga bisa meredakan nyeri sendi dan pegal linu dengan mengoleskan NEO rheumacyl Cream Otot & Sendi Hangat dan NEO rheumacyl Cream Otot & Sendi Hot di bagian yang terasa nyeri. Anda juga bisa membawa kedua jenis krim pereda nyeri sendi ini saat beraktivitas, sehingga saat nyeri dan pegal linu melanda, Anda sudah punya solusinya!

Baca Juga: Badan Pegal-pegal Saat Bekerja di Kantor? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

SHARE ON :