blog 1

ARTIKEL

Tahukah Anda bahwa beberapa keluhan pegal linu ini bisa terjadi akibat kebiasaan yang Anda lakukan setiap harinya, lho. Apa saja, ya?

Badan Pegal-pegal Saat Bekerja di Kantor? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Badan pegal-pegal, terutama saat kembali memulai aktivitas pagi di kantor adalah hal yang paling sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, bagian tubuh yang paling rentan pegal diantaranya adalah pundak, pinggang bawah, punggung, dan juga leher. Tahukah Anda bahwa beberapa keluhan pegal linu ini bisa terjadi akibat kebiasaan yang Anda lakukan setiap harinya, lho. Apa saja, ya?

 

Badan Pegal-pegal karena Begadang Tiap Malam

Sering merasa badan pegal, merasa lelah, atau badan terasa tidak segar saat bangun tidur di pagi hari? Well, hal ini mungkin terjadi karena Anda baru saja begadang di malam harinya, baik untuk menyelesaikan pekerjaan, bermain game, atau hanya sekadar scrolling media sosial. Hal ini tentu akan memengaruhi kebutuhan waktu istirahat Anda setiap malamnya. Kualitas tidur yang kurang baik menyebabkan otak tak dapat beristirahat dan sel-sel dalam tubuh pun tidak memiliki cukup waktu untuk regenerasi atau memperbaiki diri.  Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi waktu tidur Anda selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya.

Baca Juga: Penyebab Badan Cepat Pegal Menjelang Tidur di Malam Hari

 

Posisi Duduk Tidak Benar

Kebiasaan duduk yang tidak benar selama bekerja di kantor juga bisa menjadi penyebab badan pegal-pegal. Misalnya saja terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau kanan, atau menunduk dalam waktu yang lama. Beberapa kondisi ini biasanya terjadi akibat pengaturan meja dan kursi kerja yang kurang tepat, seperti meja yang terlalu pendek atau tinggi, kursi kerja yang tidak menopang tulang belakang dengan baik, atau bahkan jarak pandangan mata terhadap layar. Sebagai solusinya, cobalah untuk mengatur ketinggian meja dan kursi kerja Anda. Sempatkan juga untuk melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, mulai dari peregangan leher, pundak, tangan, dan kaki. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga badan tidak mudah pegal dan kesemutan. 

 

Kurang Cairan Tubuh

Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia terdiri dari 70% air, dan hal ini membuat air memiliki peran yang sangat penting bagi organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Saat kebutuhan air tak terpenuhi oleh tubuh (dehidrasi), maka secara otomatis akan mengganggu kinerja tubuh, salah satunya menyebabkan badan terasa sakit atau pegal linu. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh baik melalui air mineral sebanyak delapan gelas per hari, sayuran, dan juga buah-buahan yang tinggi kadar airnya.

Kekurangan Vitamin Neurotropik

Biasanya, badan pegal-pegal juga bisa disebabkan kurangnya melakukan aktivitas fisik atau bahkan berolahraga secara berlebihan di hari sebelumnya. Namun, jika rasa pegal yang dialami tak ada kaitannya dengan beban kerja atau aktivitas berat yang dilakukan, maka ada kemungkinan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin neurotropik seperti vitamin B1 yang tak hanya ampuh menjaga kesehatan saraf tubuh dan jantung, namun juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otot tubuh.

 Selain melalui makanan, Anda juga bisa minum suplemen tambahan yang mengandung vitamin neurotropik yang juga mengandung analgesic (ibuprofen) sebagai pereda nyeri otot berkat kandungan Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

So, yuk mulai pola hidup sehat dengan menghindari beberapa kebiasaan yang bisa memicu badan pegal-pegal saat beraktivitas mulai dari sekarang!

SHARE ON :