blog 1

ARTIKEL

Mengalami otot kaku selama musim hujan bukanlah alasan bagi Anda untuk berhenti berolahraga. Justru, dengan tetap aktif melakukan aktivitas fisik inilah yang akan mengurangi keluhan pada otot dan sendi.

Cegah Otot Kaku di Musim Hujan, Ini 4 Olahraga yang Bisa Anda lakukan

Mengalami otot kaku selama musim hujan bukanlah alasan bagi Anda untuk berhenti berolahraga. Justru, dengan tetap aktif melakukan aktivitas fisik inilah yang akan mengurangi keluhan pada otot dan sendi. Sebagai pilihannya, berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mencegah otot kaku yang terjadi akibat cuaca dingin saat musim hujan.

  1. Jalan kaki
    cara mengatasi nyeri otot dan sendi kaku yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan adalah olahraga jalan kaki. Tak perlu terburu-buru, Anda bisa melakukannya selama minimal 45 menit setiap harinya, misalnya dengan berjalanan kaki keliling komplek di pagi atau sore hari, memanfaatkan alat treadmill, atau walking pad sehingga bisa dilakukan di rumah. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin berjalan kaki adalah untuk memperbaiki sendi yang rusak sekaligus mengurangi tekanan pada persendian karena menopang hampir sebagian besar berat tubuh. Bonusnya lagi, dengan berjalan kaki juga bisa membantu membakar lemak tubuh lebih banyak, sehingga bisa mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan sendi lutut Anda.
  2. Berenang
    Selain dengan berjalan kaki, olahraga seperti berenang juga bisa membantu mengurangi peradangan pada sendi. Pasalnya, hampir semua gerakan saat berenang merupakan aktvitas menahan gravitasi yang merupakan cara paling baik untuk memperbaiki kerusakan pada persendian.
  3. Gerakan peregangan
    Olahraga selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan peregangan yang akan membantu menggerakkan anggota tubuh untuk melawan rasa sakit pada otot dan sendi. Otot kaku dan nyeri pada persendian biasanya lebih sering terjadi saat bekerja dari rumah, terutama jika Anda tidak memiliki meja dan kursi kerja yang memadai. Tanpa disadari, kondisi ini akan membuat pundak, leher, dan tubuh bagian belakang menjadi kaku dan menyebabkan Anda sulit membungkuk. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.
    Sit and Reach
    Caranya adalah dengan duduk di lantai, lalu lipat kaki sebelah kanan dengan posisi telapak kaki menghadap ke bagian samping paha kiri. Setelah itu, tarik napas dan mulai bungkukkan badan dan usahakan kedua tangan menyentuh jari kaki sebelah kiri atau paling tidak pergelangan kaki (mata kaki). Tahan posisi ini selama 15 detik dan lakukan bergantian dengan kaki sebelah kiri sebanyak masing-masing tiga kali repetisi.
    Neck Release
    Untuk mencobanya, miringkan kepala ke bahu kanan dan gunakan tangan untuk menarik kepala ke arah bahu. Tahan posisi ini selama 15 detik dan lakukan gerakan yang sama ke arah bahu kiri. Gerakan inilah yang nantinya bisa membantu mengurangi keluhan nyeri di bagian pundak dan leher akibat terlalu lama menunduk dan menatap layer komputer.
  4. Latihan beban ringan
    Jenis olahraga selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri otot dan sendi kaku adalah dengan latihan beban ringan, yaitu push up dan sit up. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari gerakan ini adalah untuk membantu memperkuat otot sendi di sekitar area yang cidera dengan cara mengambil beban dari sendi yang terluka.

Selain dengan melakukan beberapa jenis olahraga di atas, nyeri otot dan sendi kaku juga bisa diatasi dengan minum obat pereda nyeri yang mengandung Paracetamol. Pastikan untuk membaca keterangan cara pakai dan dosis yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

SHARE ON :