blog 1

ARTIKEL

Beberapa nutrisi penting yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan dan kekuatan otot tubuh antara lain:

Peran Nutrisi dalam Mengurangi Nyeri Otot pada Pria Usia Kepala Tiga

Seiring dengan pertambahan usia, maka risiko mengalami keluhan nyeri otot juga akan semakin meningkat, terutama pada pria yang sudah memasuki usia kepala tiga dan lebih. Umumnya, hal ini terjadi karena aktivitas yang cukup padat dan pekerjaan yang berat serta banyak melibatkan kinerja otot. Melansir dari Merdeka.com, keluhan kram dan nyeri otot ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tertentu. Beberapa nutrisi penting yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan dan kekuatan otot tubuh antara lain:

1. Protein

Merupakan nutrisi penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan otot. Mengonsumsi cukup protein dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu memperkuat otot sekaligus mempercepat pemulihan otot yang cedera dan mengalami nyeri. Beberapa sumber protein yang baik dikonsumsi antara lain daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan kedelai.

2. Antioksidan

Peran antioksidan bagi tubuh kita adalah untuk membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri otot. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, beri, anggur merah, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam menu makanan sehari-hari, terutama saat nyeri otot melanda.

3. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri otot akibat peradangan. Sumber omega-3 yang baik meliputi ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden, serta biji chia, biji rami, dan minyak ikan. Pastikan untuk memasukkannya dalam asupan makanan Anda setiap harinya, ya.

4. Magnesium

Merupakan mineral yang penting untuk mendukung fungsi otot agar bekerja dengan optimal. Salah satu tanda seseorang kekurangan magnesium adalah munculnya nyeri otot. Untuk mencegah hal ini terjadi, konsumsi juga beberapa makanan seperti bayam, kacang almond, kacang-kacangan, pisang, dan biji labu dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Tak cukup hanya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan beberapa makanan di atas, cara mengatasi nyeri otot paling efektif lainnya adalah dengan beberapa hal berikut ini.

  1. Mengistirahatkan bagian tubuh yang terasa nyeri selama beberapa waktu agar otot kembali rileks.
  2. Mengompresnya dengan es batu yang dibungkus handuk atau kain bersih. Letakkan kompresan di bagian yang terasa nyeri dengan sedikit tekanan, sensasi dingin inilah yang bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi pembengkakan. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa nyerinya mulai menghilang.
  3. Melakukan gerakan peregangan.
  4. Memberikan pijatan ringan di bagian yang terasa nyeri sambil mengoleskan krim pereda nyeri otot, seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream pada bagian yang terasa sakit. Kandungan Menthol dan Eucalyptus di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Jika rasa nyeri dan pegal yang dialami cukup berat, coba oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream dengan sensasi panas yang lebih ekstra dan efektif mengatasi nyeri otot.
  5. Memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya, sebab nyeri otot juga bisa disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh.

Pastikan untuk selalu menyediakan krim pereda nyeri otot seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream dan NEO rheumacyl Extra Hot Cream baik di rumah maupun saat beraktivitas, ya. Dengan begini, Anda tak perlu bingung lagi saat nyeri otot melanda sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan lebih nyaman, deh!

SHARE ON :