Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

22-December-2020
Share

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa. Misalnya dengan memijat bagian tubuh yang terasa sakit. Padahal bisa saja rasa sakit itu disebabkan oleh alasan yang berbeda. Ada kemungkinan Anda mengalami radang sendi atau bisa saja ‘hanya’ pegal linu. Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun harus tepat. Sebagai langkah awal, Anda perlu tahu bagaimana membedakan radang sendi dan pegalinu.

Apa Itu Radang Sendi?

Radang sendi atau dalam istilah medis dinamakan arthritis biasanya ditandai dengan adanya sendi yang bengkak, merah, terasa panas saat dipegang, dan timbul nyeri. Gangguan rheumatoid pada dasarnya paling sering dirasakan pada sendi jari-jari tangan. Apalagi kalau kondisi ini terjadi pada kedua tangan kiri dan kanan. Perempuan muda khususnya lebih banyak mengalami gangguan ini.

Radang sendi awalnya akan terasa sebagai kondisi ringan, sebab ia akan menyerang sendi-sendi yang kecil karena tidak mampu menyerang sendi besar. Namun, seiring berjalannya waktu, jika radang sendi sudah hebat dan berat, bisa saja mengenai sendi besar seperti tulang leher, lutut, pinggul, hingga rahang.

Bahaya dari radang sendi bukan hanya pada sendi saja. Pengidap radang sendi berpotensi mengalami komplikasi seperti penyakit jantung, depresi, anemia, bahkan kelainan cacat. Biasanya, orang yang mengalami radang sendi lebih cepat meninggal akibat jantung ketimbang orang yang tidak punya radang sendi. Dalam tingkatan yang lebih parah radang sendi dapat berupa penyakit autoimun yaitu rheumatioid arthritis, yaitu penakiradang sendi ang menyerang tubuh secara bertahap karena faktor keturunan maupun gaya hidup. Penyakit ini dapat membawa dampak besar, bahkan menyebabkan penderitanya tidak dapat hidup mandiri saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Apa Itu Pegal Linu?

Berbeda dengan radang sendi, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan pegal linu. Pasalnya, pegal linu tidak akan memberikan dampak negatif yang signifikan pada kehidupan Anda. Pegal linu biasanya terjadi jika Anda kurang tidur, stres, masuk angin, dan terlalu banyak melakukan aktivitas yang membebani  tubuh.

Meskipun demikian, pegal linu tetap dapat membuat Anda merasa tak nyaman dan terganggu selama beberapa waktu. Itu sebabnya pegal linu tidak boleh diabaikan dan perlu diatasi secara benar. Jika Anda mengalami keluhan ini segeralah beristirahat dan minum NEO rheumacyl Oralinu. Obat herbal yang mengandung berbagai macam tanaman herbal yang efektif meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok dan sakit otot pinggang. NEO rheumacyl Oralinu dikemas dalam sachet sehingga praktis dikonsumsi dimana saja dan kapan saja.

Sumber: halodoc

Related Article

SENDI

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi ...

Read More

SENDI

Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Harapannya, tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun tidur. Kenyataannya? Sekujur tubuh malah pegal linu! Kira-kira apa ya penyebabnya dan ...

Read More

SENDI

Aktivitas Mulai Padat Lagi? Ini Cara Agar Badan Tidak 'Kaget' dan Pegal Linu

Selama pandemi, Anda telah mengalami berbagai penyesuaian aktivitas dan harus segera beradaptasi. Berikut ini adalah cara agar badan tidak ‘kaget’ ...

Read More