blog 1

ARTIKEL

Aktivitas menggendong anak memicu timbulnya rasa pegal linu, terutama di bagian bahu, punggung, dan pinggang. Beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusinya.

Badan Pegal Linu Akibat Begadang dan Menggendong Anak? Segera Atasi dengan Cara Ini!

Menjalani peran sebagai orang tua baru atau ada anak kecil di rumah tentu membuat kita harus terbiasa dengan aktivitas menggendong anak. Bahkan, seringkali juga kita harus melakukannya sambil begadang. Tak bisa dipungkiri jika pada akhirnya kebiasaan baru inilah yang memicu timbulnya rasa pegal linu, terutama di bagian bahu, punggung, dan pinggang akibat otot tubuh yang menegang karena bekerja lebih keras dari biasanya. Jika dibiarkan terus-menerus, maka kondisi ini tentu bisa semakin parah dan akan mengganggu rutinitas harian kita.

Jika Anda sedang mengalami situasi seperti ini, maka tak perlu khawatir. Beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusinya.

1. Luangkan waktu untuk berolahraga tipis-tipis

Meski mengurus anak rasanya cukup menguras waktu dan tenaga, namun sebaiknya tetap luangkan waktu untuk olahraga tipis-tipis, misalnya dengan melakukan gerakan berikut ini.

  • Planking, yaitu salah satu gerakan olahraga yang dikenal efektif memperbaiki postur tubuh bungkuk akibat terlalu sering menggendong dengan cara menguatkan otot inti tubuh. Lakukan gerakan selama satu menit setiap malam sebelum tidur ya, Moms.
  • Cobra Pose atau memosisikan tubuh seperti ular kobra. Posisi yang satu ini sangat baik untuk mengembalikan bentuk tulang punggung yang membungkuk, menguatkan tulang belakang, dan juga mengecilkan perut. Lakukan gerakan ini beberapa kali untuk membuat otot punggung terasa lebih rileks.

2. Memenuhi kebutuhan air mineral

Menggendong anak juga membuat cairan tubuh keluar melalui keringat. Saat tubuh kekurangan cairan, hal ini akan menyebabkan kita merasa kelelahan dan memicu timbulnya rasa pegal di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air minum setiap harinya untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang. Dengan begini, rasa pegal bisa teratasi dan Anda pun bisa terhindar dari dehidrasi.

3. Mandi air dingin atau hangat

Cara mengatasi badan pegal linu selanjutnya adalah dengan mandi air dingin setelah menggendong anak dalam waktu yang lama. Tujuannya adalah untuk mempercepat penyembuhan otot, mencegah peradangan otot, dan juga meminimalisir nyeri otot di keesokan harinya. Namun, Anda juga bisa memilih untuk mandi dengan air hangat loh, tujuannya adalah untuk membuat otot kembali rileks sehingga bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari.

4. Memijat tubuh

Anda juga bisa memijat tubuh sebagai salah satu cara menyembuhkan badan pegal linu setelah menggendong anak. Lakukan pijatan ini setidaknya selama satu jam untuk mengurangi peradangan pada otot, mengembalikan kelenturan tubuh, dan juga mengurangi rasa lelah yang muncul setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Pastikan untuk mendapatkan pijatan ini dari ahlinya, ya!

5. Minum obat pegal linu

Jika keluhan badan pegal linu cukup mengganggu aktivitas harian, maka Anda bisa meredakannya dengan cara minum obat pereda pegal linu dengan kandungan Paracetamol di dalamnya.

SHARE ON :