Cara Mengatasi Tangan yang Kram, Kebas, dan Kesemutan

Cara Mengatasi Tangan yang Kram, Kebas, dan Kesemutan

23-April-2020
Share

Tangan nyeri dan ksemutan seringkali dianggap wajar. Padahal jika sering berulang,masalah ini dapat menghambat aktivitas Anda. Berikut ini adalah cara mengatasi tangan yang kram, kebas, dan kesemutan.    

  1. Mengubah posisi tubuh

Salah satu penyebab kram, kebas, dan kesemutan adalah tertekannya saraf dan ketegangan otot, akibat postur tubuh yang kurang baik. Ada banyak aktivitas ataupun kebiasaan yang tanpa sadar dapat membuat saraf di bagian tangan tertekan. Misalnya menulis, mengetik, membawa barang berat, atau tertindih sewaktu tidur. Variasikan posisi tangan Anda sehingga tidak tertekan akibat satu posisi dalam waktu yang lama. Misalnya memberi jeda saat menulis atau mengetik, mengubah posisi tidur, dan membawa barang berat begantian dengan tangan kanan dan kiri.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur adalah proses penting untuk membantu penyembuhan saraf maupun otot yang tegang, karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat Anda tidur. Pada kebanyakan kasus, mengistirahatkan tangan dan kaki yang kesemutan serta menambah jam tidur, dapat membantu meredakan kondisi ini dengan sendirinya.

  1. Terapi fisik

Terapi fisik dapat membantu menambah kekuatan otot yang mengelilingi saraf yang rusak. Semakin kuat otot tersebut, maka tekanan pada saraf akan semakin berkurang, sehingga kesemutan bisa reda dan tidak muncul kembali. Untukbagian tangan, tidak perlu melakukan terapi yang sulit. Anda bisa berlatih angkat beban dengan menggunakan air mineral kemasan besar untuk memperkuat otot lengan. Sedngkan untuk melatif saraf dan otot bagian telapak tangan, Anda bisa meremas stress ball.

  1. Kompres dingin atau hangat

Kesemutan juga bisa disebabkan oleh peradangan. Mengompres tangan yang kram, kebas, dan kesemutan dengan kompres dingin maupun hangat secara bergantian, dapat membantu meredakan peradangan tersebut.

Selain langkah di atas, Anda juga bisa meredakan nyeri dan kesemutan akibat aktivitas sehari-hari dengan mengonsumi NEO rheumacyl Neuro. Mengandung Ibuprofen yang meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf. NEO rheumacyl Neuro jadikan aktivitas Anda bebas kram, kebas, dan kesemutan!

 

Sebagian sumber: sehatq.com

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More