blog 1

ARTIKEL

Terlalu lama rebahan juga bisa memberikan pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan, Kram dan Kesemutan Akibat Terlalu Banyak Rebahan bisa terjadi. bagaimana cara mengatasinya?

Waspada Kram dan Kesemutan Akibat Terlalu Banyak Rebahan, Lakukan 4 Tips Ini!

Setelah hampir satu minggu bergelut dengan aktivitas yang cukup padat baik di kantor maupun menyelesaikan urusan rumah, tidur atau sekadar rebahan santai menjadi cara terbaik untuk memulihkan tenaga dan stamina, terutama saat akhir pekan tiba. Meski rebahan bisa memberikan kenyamanan dan mempertajam kemampuan berpikir, namun pastikan bahwa Anda tidak melakukannya secara berlebihan, ya.

Pasalnya, terlalu lama rebahan juga bisa memberikan pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan, karena saat rebahan banyak orang mengalami penurunan gerak badan, menjadikan tubuh malas bergerak, bahkan bisa memicu kram dan kesemutan yang cukup mengganggu.

Kram dan Kesemutan Akibat Terlalu Banyak Rebahan

Kram dan kesemutan akibat terlalu banyak rebahan ini bisa terjadi karena kita menerapkan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama saat melakukan beberapa aktivitas berikut ini.

  • Menonton film sambil tidur miring dengan membuat tangan atau lengan sebagai bantalannya.
  • Menonton tv sambil berbaring dengan memosisikan kedua telapak tangan sebagai bantalan.
  • Tidur dengan posisi tangan tertekan kepala atau benda lain yang cukup berat dalam waktu yang lama.

Bagaimana cara mengatasi kram dan kesemutan akibat rebahan?

Keluhan kram dan kesemutan tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Aktif bergerak meski memiliki banyak waktu luang saat akhir pekan. Berdiam di satu posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama hanya bisa memicu kram dan kesemutan menjadi semakin parah.
  • Mengonsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin D.
  • Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Pastikan untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda, ya.
  • Rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 15 menit.
  • Memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya, yaitu sebanyak dua liter air atau setara dengan delapan gelas air minum.
  • Saat kram dan kesemutan melanda, ubah posisi tubuh Anda dan gerakkan tubuh secara perlahan.

pereda nyeri syaraf neo rheumacyl neuro

SHARE ON :