blog 1

ARTIKEL

Salah satu cara mengatasi nyeri otot adalah dengan berolahraga. Loh, kok bisa? Kunci utama untuk mengatasinya adalah dengan tetap bergerak.

Alasan Mengapa Olahraga Bisa Dijadikan Sebagai Cara Mengatasi Nyeri Otot

Dalam kehidupan sehari-hari, keluhan nyeri otot merupakan salah satu kondisi yang seringkali dirasakan oleh banyak orang dan dikenal dengan istilah medis myalgia. Nyeri otot dapat terjadi secara akut (jangka pendek) maupun kronis (jangka panjang), dan dapat dirasakan pada bagian tubuh tertentu atau secara menyeluruh. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh aktivitas yang cukup padat, mengurus anak dan rumah, postur tubuh yang tidak baik, posisi duduk yang tidak tepat, dan jarang bahkan tidak pernah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

 

Mengapa olahraga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi nyeri otot?

Melansir dari Orami.com, nyeri otot merupakan efek samping dari stress atau tekanan yang dialami oleh otot saat beraktivitas. Namun tak perlu khawatir, karena kondisi ini sangat wajar terjadi dan salah satu cara mengatasi nyeri otot adalah dengan berolahraga. Loh, kok bisa?

 

Tentu bisa. Sebab, nyeri otot menandakan bahwa otot tubuh kita menegang dan kunci utama untuk mengatasinya adalah dengan tetap bergerak. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga untuk membuat otot tubuh dapat beradaptasi dengan berbagai aktivitas yang cukup berat dengan baik.

 

Tak harus melakukan olahraga yang berat, Anda bisa memulainya dengan jogging, jalan santai, bersepeda, atau hanya sekedar melakukan gerakan peregangan di sela aktivitas sehari-hari. Utamakan untuk melakuan gerakan fleksibilitas dan kekuatan otot sesuai dengan kondisi nyeri otot yang dialami. Namun, pastikan untuk berolahraga sesuai kemampuan tubuh dan tidak perlu berlebihan, ya. Dengan begini, proses pemulihan nyeri otot bisa berjalan lebih cepat.

 

Cara mengatasi nyeri otot akibat aktivitas sehari-hari

Selain berolahraga, dukung juga usaha Anda untuk mengatasi nyeri otot dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Mengompres lokasi nyeri dengan air hangat atau dingin
  2. Menghindari aktivitas dengan intensitas berat
  3. Mengistirahatkan dan memberi pijatan ringan di bagian tubuh yang terasa nyeri sambil mengoleskan krim pereda nyeri seperti  NEO rheumacyl Eucalyptus Cream. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang.
  4. Jika keluhan nyeri otot yang Anda alami cenderung berat, sebaiknya oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream dengan sensasi hangat yang lebih kuat sebagai cara mengatasi nyeri otot yang lebih efektif, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

SHARE ON :