blog 1

ARTIKEL

tahukah Anda bahwa salah memilih sepatu ternyata bisa membuat kaki terasa pegal linu, loh. Untuk menghindari hal ini, yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

Tahukah Kamu Bahwa Salah Memilih Sepatu Ternyata Bisa Bikin Pegal Linu, Loh!

Saat memilih sepatu untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari bekerja, olahraga, atau untuk bersantai, pertimbangan apa saja yang Anda miliki sampai akhirnya menjatuhkan pilihan pada model tertentu? Meski terlihat sepele, namun tahukah Anda bahwa salah memilih sepatu ternyata bisa membuat kaki terasa pegal linu, loh. Untuk menghindari hal ini, yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

 

1. Sesuaikan sepatu dengan jenis kegiatan

Hingga kini masih banyak orang yang menggunakan satu jenis sepatu untuk berbagai kegiatan. Misalnya saja sepatu kets dengan sol karet dan bahan kanvas yang cocok digunakan untuk kegiatan santai, justru digunakan juga untuk berolahraga seperti lari dan berbagai jenis olahraga lainnya. Alih-alih membuat performa olahraganya memuaskan, yang ada justru membuat kaki terasa sakit dan cedera.

 

Nyatanya, setiap kegiatan maupun olahraga ternyata membutuhkan sepatu khusus, loh. Jika Anda penyuka lari, maka pastikan untuk menggunakan sepatu khusus lari. Begitu pula dengan jenis olahraga lainnya. Tak perlu bingung, Anda bisa meminta bantuan penjaga toko untuk menjelaskan seputar jenis sepatu mana yang harus Anda gunakan saat beraktivitas sehari-hari.

 

2. Pilih sepatu dengan ukuran yang tepat

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, namun tidak terlalu pas. Melansir dari Merdeka.com, memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu pas bisa berujung jadi terlalu kecil ketika digunakan, sehingga dapat berdampak buruk pada kondisi kaki.

 

Selain itu, sepatu yang terlalu sempit bisa menyebabkan kapalan dan kuku menjadi hitam. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sepatu dengan ukuran yang cukup bagi ujung-ujung jari kaki untuk sedikit bergerak. Namun, pastikan juga bahwa jaraknya tidak terlalu lebar, ya.

 

3. Pahami kondisi kaki

Tahukah Anda bahwa ukuran kaki bisa berbeda pada siang dan malam hari? Saat malam hari, kaki kita akan cenderung menjadi lebih besar. Jika Anda berniat untuk membeli sepatu, ada baiknya dilakukan di sore atau malam hari agar sepatu tidak kesempitan saat digunakan. Tujuannya adalah agar sepatu tidak kesempitan saat akan digunakan.

 

Khusus untuk pemilik flat feet atau sindrom kaki datar, maka ini dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kaki pegal linu akibat salah pemilihan sepatu.

  1. Anda bisa memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Namun tenang, jika tidak ada keluhan sakit yang berlebihan ataupun overpronasi (perputaran kaki yang abnormal), maka Anda sebenarnya tak perlu khawatir. Anda bisa meminimalisasi masalah yang mungkin timbul akibat sindrom kaki datar.
  2. Gunakan sol sepatu tambahan untuk mendukung bentuk kaki Anda yang datar.
  3. Mengurangi berat badan untuk meringankan meringankan beban yang harus ditopang punggung, lutut, dan telapak kaki.
  4. Jangan lakukan olahraga yang terlalu membebani kaki. Berenang bisa jadi alternatif untuk Anda.
  5. Rutin lakukan stretching agar kaki tidak berputar ke depan secara berlebihan.

 

Selain melakukan beberapa cara di atas, atasi juga pegal linu yang melanda bagian kaki dengan mengoleskan NEO rheumacyl Eucalyptus Cream sebanyak dua ruas jari sambil memberikan pijatan ringan. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Pastikan untuk membawanya saat beraktivitas, ya!

 

Artikel Lainnya: Kesalahan Dalam Melakukan Olahraga Angkat Beban yang Bikin Badan Pegal Linu dan Nyeri Otot

SHARE ON :