Gerakan Olahraga yang Aman untuk Redakan Sakit Pundak dan Leher

Gerakan Olahraga yang Aman untuk Redakan Sakit Pundak dan Leher

05-September-2020
Share

Sering merasakan sakit pundak dan leher saat bekerja atau setelah melakukan aktivitas berat? Meski keluhan ini adalah hal yang wajar karena otot yang tegang atau cidera ringan, namun jika tidak segera ditangani tentu akan membuat keseharian Anda menjadi terganggu. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa meredakan sakit pundak dan leher dengan melakukan beberapa gerakan olahraga berikut ini.

Mengangkat Kepala

Menurut artikel yang dilansir dari laman online situs Liputan6.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Physical Therapy menjelaskan bahwa memperkuat otot-otot di leher merupakan cara yang efektif untuk meredakan keluhan nyeri di area leher. Salah satu gerakannya adalah mengangkat kepala untuk menargetkan otot yang lebih kecil, atau dikenal dengan sebutan fleksor serviks yang dalam. Simak cara melakukannya berikut ini.

  • Ambil posisi berbaring terlentang dengan mengarahkan pandangan ke atas (arah langit-langit), lalu mulailah dengan menganggukkan kepala secara perlahan seolah-olah Anda membentuk double chin (lipatan dagu).
  • Setelah itu angkat kepala sedikit dari permukaan, namun pastikan bahu tidak ikut terangkat, ya. tahan posisi ini selama lima hingga sepuluh detik, kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan gerakannya sebanyak 10 kali dengan tiga kali pengulangan.

Melakukan Peregangan Leher Menyamping

Gerakan selanjutnya adalah teknik meregangkan otot leher secara menyamping untuk mengurangi rasa sakit di dekat tulang belakang leher. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Duduk tegak di kursi, pegang bagian bawah dudukan kursi dengan tangan kanan untuk menjaga bahu kanan agar tidak ikut terangkat.
  • Condongkan telinga kiri ke arah bahu kiri, rasakan regangan otot di bagian antara kepala dan bahu kanan dan tahan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan yang sama secara bergantian ke arah bahu kanan. Ulangi gerakannya sebanyak 10 kali dalam tiga kali pengulangan.

Peregangan Leher di Punggung

Nah, gerakan yang satu ini sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan dimanapun. Simak caranya berikut ini.

  • Ambil posisi berdiri dengan membuka kedua kaki selebar pinggul.
  • Raih kedua tangan di belakang punggung, kemudian genggam pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan. Gunakan tangan kanan Anda ini untuk meluruskan lengan kiri secara lembut dan perlahan kemudian menariknya sedikit ke belakang.
  • Sementara itu, tingkatkan peregangan di leher dengan cara menurunkan telinga kanan ke arah bahu kanan. Tahan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan yang sama secara bergantian dan ulangi gerakannya sebanyak 10 kali dalam tiga kali pengulangan.

Melakukan Gerakan Memutar Bahu

Anda juga bisa meredakan sakit pundak dan leher dengan gerakan sederhana seperti memutar kedua bahu dan leher secara perlahan. Pertama-tama, Anda bisa melakukan gerakan memutar kedua bahu ke arah depan dan belakang sebanyak masing-masing 15 kali. Setelah itu, lanjutkan dengan menaruh telapak kanan di telinga kiri (tangan melintasi bagian atas kepala), kemudian tarik kepala hingga menyentuh pundak kanan, tahan posisinya selama 15 detik dan lakukan secara berulang ke sisi berlawanan.

Mengaitkan Tangan di Belakang Punggung

Redakan sakit pundak Anda dengan cara mengaitkan kedua tangan di belakang punggung. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Posisikan tangan kanan di bagian atas dan tangan kiri di bawah. Kemudian raih dan kaitkan jari tangan kanan dan kiri Anda di belakang punggung.
  • Jika merasa kesulitan saat mengaitkan kedua tangan, Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti handuk kecil.
  • Tahan posisi ini selama 15-30 detik dan ulangi gerakannya secara bergantian dalam tiga kali pengulangan.

Untuk mendukung beberapa gerakan di atas, redakan juga sakit pundak dan leher yang Anda alami dengan minum obat pereda nyeri seperti NEO rheumacyl Tablet yang mengandung formula efektif Paracetamol dan Ibuprofen yang sudah dipercaya sejak lama meredakan nyeri otot, sendi, dan juga pegal linu.

NEO rheumacyl Tablet menjadi pilihan yang tepat dan praktis untuk Anda bawa saat beraktivitas. Saat ini pun Anda tak perlu bingung lagi, karena NEO rheumacyl Tablet bisa didapatkan secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada sehingga Anda tetap bisa melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman dan aman.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More