blog 1

ARTIKEL

Nyeri sendi yang seringkali Anda alami juga bisa disebabkan oleh konsumsi beberapa jenis makanan tertentu, lho. Apa saja, ya?

Kategori Makanan Penyebab Nyeri Sendi yang Harus Anda Waspadai

Nyeri sendi dan pegal linu adalah keluhan yang banyak dialami, baik oleh pria maupun wanita. Tak hanya karena olahraga atau aktivitas berat yang berlebihan, nyeri sendi yang seringkali Anda alami juga bisa disebabkan oleh konsumsi beberapa jenis makanan tertentu, lho. Apa saja, ya? Mungkin beberapa diantaranya merupakan makanan favorit Anda selama ini, lho!

Daging Merah

Coba ingat-ingat lagi, seberapa sering Anda menikmati sajian steak atau all you can eat dalam resatu bulan? Jika termasuk salah seorang yang sering melakukannya, maka jangan heran jika Anda akan lebih sering mengalami nyeri sendi yang cukup mengganggu. Dilansir dari laman online Kontan.com, sebuah publikasi berjudul Nutrition Interventions in Rheumatoid Arthritis: The Potential Use of Plant-Based Diets menunjukkan bahwa daging merah dan olahannya merupakan makanan yang dapat menyebabkan nyeri sendi pada seseorang. Pasalnya, daging merah atau makanan yang mengandung daging olahan memiliki penanda inflamasi yang cukup tinggi seperti interleukin-6 (IL-6), protein C-reaktif (CRP), dan homosistein yang pada akhirnya menyebabkan seseorang mengalami nyeri sendi.

Makanan atau Minuman Mengandung Gula

Selain daging merah dan olahannya, makanan atau minuman yang tinggi kandungan gulanya juga bisa memicu nyeri sendi pada seseorang, apalagi yang mengandung pemanis buatan. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang berusia 20-30 tahun yang minum soda lima kali seminggu memiliki risiko terkena nyeri sendi tiga kali lebih banyak dibanding dengan orang yang tidak meminumnya. Oleh karena itu, membatasi asupan gula adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan seiring dengan bertambahnya usia kita.

Makanan Tinggi Garam

Jika Anda termasuk pecinta makanan seperti pizza, keju, udang, atau sup kaleng, atau makanan gurih lainnya yang banyak tinggi kandungan garamnya, ada baiknya untuk segera mengurangi atau bahkan menghindarinya mulai sekarang. Pasalnya, makanan yang tinggi kandungan garam di dalamnya juga merupakan salah satu faktor penyebab munculnya nyeri sendi pada seseorang. 

Makanan Gluten

Sama halnya dengan makanan yang mengandung gluten seperti roti, mie, dan sereal juga memiliki penanda inflamasi yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan nyeri sendi. Lebih dari itu, konsumsi berlebihan makanan yang mengandung gluten juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan lainnya. So, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas kewajaran, ya!

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Sendi?

Selain dengan menghindari pemicunya (seperti beberapa makanan di atas), langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan segera minum obat atau mengoleskan krim pereda nyeri otot seperti NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya dapat membantu mengatasi nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan. Jika nyeri sendi yang Anda rasakan cukup berat, maka cobalah untuk mengoleskan  NEO rheumacyl Cream HOT sambil memberikan pijatan ringan di beberapa bagian tubuh. 

Nah, setelah melihat beberapa kategori makanan yang bisa memicu nyeri sendi di atas, mana yang paling sering Anda konsumsi? Yuk, cegah nyeri sendi menjadi semakin parah dengan mulai mengaplikasikan hidup sehat, istirahat cukup, tidak memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat, dan juga sediakan selalu rangkaian produk NEO rheumacyl di rumah.

SHARE ON :