4 Gerakan Mudah untuk Kurangi Nyeri Pinggang Saat Menstruasi

4 Gerakan Mudah untuk Kurangi Nyeri Pinggang Saat Menstruasi

31-March-2020
Share

Setiap wanita pasti sudah familiar dengan nyeri pinggang yang sering muncul ketika menstruasi. Meski mungkin tingkat keparahannya pada setiap orang berbeda-beda, namun tak bisa dipungkiri rasa nyeri ini menyebabkan ketidaknyamanan yang bisa mengganggu keseharian Anda. Hal ini tidak bisa diatasi hanya dengan beritirahat, sebaliknya melakukan gerakan olahraga ringan justru bisa membantu kurangi nyeri pinggang saat menstruasi.  Dilansir dari thehealthy.com, gerakan-gerakan berikut ini dapat Anda lakukan di rumah saat menstruasi.

Pelvic tucks

Berbaringlah di lantai dan letakkan kaki Anda sedikit lebih lebar dari lebar pinggul. Angkat pinggul Anda perlahan-lahan dari lantai dan ke atas, hingga punggung terangkan dan posisi paha lurus. Lalu turunkan tulang belakang dengan perlahan. Angkat dan turunkan perlahan selama satu hingga dua menit. Fungsi: Membuat darah bersirkulasi ke otot-otot punggung bawah, sekaligus memperkuat pinggang dengan cara yang lembut. Cocok untuk meredakan nyeri punggung bawah.

Seated Twist

Mulailah dalam posisi duduk di lantai dengan diluruskan ke deoan. Tekuk lutut kanan dan letakkan kaki kanan di dekat lutut kiri di lantai. Tegakkan punggung Anda. Angkat  lengan kiri sebatas dada dan mulailah memutar tulang belakang ke arah kaki yang tertekuk tanpa mengangkat kedua pinggul dari lantai. (jika kaki yang ditekuk adalah kaki kanan, maka putar pinggang ke arah kanan dan sebaliknya). Fungsi: Putaran di pinggang memberikan kelegaan ke perut dengan sensasi pijatan dan merelaksasi  seluruh punggung yang tegang saat periode mentruasi.

Seated leg forward bend

Luruskan kaki dan perlahan-lahan tekuk pinggang serta punggung hingga terlipat lurus ke arah depan. Upayakan agar tangan Anda bisa menyentuh ujung-ujung jari kaki. Pertahankan posisi tulang duduk dan tulang belakang selama Anda menurunkan tubuh ke arah kaki. Saat Anda mengeluarkan napas, fokuslah untuk menarik perut ke dalam untuk memijat perut bagian bawah. Pertahankan posisi ini sambil bernapas dalam-dalam selama 1-3 menit. Pegang, bernapas dalam-dalam selama satu hingga tiga menit, dengan lembut melipat ke arah kaki.  Fungsi: Gerakan ini dapat membantu merilekskan Ini juga membantu merilekskan perut, pinggang, meredakan sakit kepala dan migrain, serna  mengurangi mood swing.

Reclined bound angle

Berbaringlah di lantai dengan posisi punggung lurus. Pertemukan kedua telapak kaki agar saling menempel berhadapan. Bangun (duduk) perlahan-lahan seperti saat Anda melakukan sit up—namun tetap dalam posisi telapak kaki berhadapan. Jika merasa sulit, Anda bisa mengganjal bagian punggung dengan bantal atau guling agar lebih mudah melakukan gerakan. Lakukan selama 3-5 menit sambil mengatur pernapasan. Fungsi: Pose ini dapat menenangkan punggung bagian bawah dan membuka pinggul, yang sering terasa pegal selama siklus menstruasi. Dapat juga meredakan kram perut dan kecemasan berlebih.

Lakukan gerakan tersebut saat menjelang mentruasi atau selama periode menstruasi. Selain mudah, tubuh juga terasa lebih segar dan nyeri berkurang. Jika perlu, konsumsi obat pereda nyeri NEO rheumacyl tablet yang berkhasiat untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi & pegal linu. NEO rheumacyl tablet membantu atasi sakit piggang dengan efektif, praktis, dan aman!

Related Article

SARAF OTOT

Penyebab Kaki Terasa Kram Kesemutan yang Seringkali Diabaikan

Anda tentunya pernah merasakan kesemutan pada kaki. Kesemutan biasanya terjadi saat Anda terlalu lama duduk bersila atau duduk dengan menekuk ...

Read More

SARAF OTOT

Sering Merasa Kram, Kebas, dan Kesemutan? Hati-hati, Mungkin Penyakit ini Penyebabnya

Kesemutan yang berlangsung singkat berbeda dengan kesemutan kronis atau yang sifatnya sering kambuh. ...

Read More

SARAF OTOT

Jarang Disadari, 4 Kebiasaan Ini Adalah Penyebab Jari Tangan Terasa Kram, Kebas dan Kesemutan

Jari tangan yang terasakram,kebas, dam kesemutan seringkali muncul secara tiba-tiba dan menghilang begitu saja tanpa Anda ketahui penyebabnya. ...

Read More