Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

29-January-2021
Share

Saat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. Penyebab utamanya adalah posisi duduk yang tidak benar dan dilakukan dalam waktu yang cukup lama, apalagi jika Anda jarang berolahraga selama berada di rumah. Hal inilah yang akhirnya memicu peradangan pada otot yang menimbulkan rasa nyeri dan pegal. Jika sudah begini, bagaimana solusinya?

Mencegah Badan Pegal Bagian Belakang dengan Memilih Meja dan Kursi yang Tepat

Tanpa Anda sadari, meja dan kursi kerja ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap kesehatan persendian tubuh dan juga kenyamanan saat bekerja. Cobalah untuk memilih kursi kerja yang ketinggiannya bisa disesuaikan dengan tinggi meja dan juga memiliki sandaran yang tidak terlalu keras. Tujuannya adalah untuk mendukung posisi duduk agar tidak membungkuk dan bisa menopang tulang belakang agar posturnya tetap terjaga selama bekerja di depan layar komputer. Jangan karena bekerja dari rumah, usahakan untuk tidak bekerja di atas kasur, ya.

Istirahat Cukup

Bekerja dari rumah tak lantas membuat Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu. Solusinya adalah dengan menyamakan jam kerja di rumah sama halnya dengan jam kerja saat Anda harus bekerja di kantor. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga agar Anda tetap dapat berkonsentrasi penuh keesokan harinya.

Olahraga: Wajib Hukumnya!

Badan pegal bagian belakang juga bisa disebabkan karena tubuh tidak pernah bergerak alias olahraga. Hal ini karena Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan layar komputer dalam waktu yang lama. Untuk itu, yuk usahakan untuk bangun lebih pagi untuk sekadar jalan santai selama 45 menit sebelum mulai bekerja. Konon, kegiatan yang satu ini sangatlah dianjurkan dan menjadi salah satu olahraga paling ringan yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk membantu membakar kalori sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Aktivitas fisik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, mempraktikkan gerakan yang bisa Anda tonton di internet, atau dengan olahraga angkat beban di rumah menggunakan peralatan olahraga seadanya (dumbble atau botol air minum kemasan 1,5 liter yang diisi air sebagai penggantinya). Pastikan juga posisi duduk Anda sudah  tepat (tidak membungkuk atau terlalu tegak), untuk menjaga postur tulang belakang agar tetap berada pada kelengkungan yang baik.

Bagaimana Cara Mengatasi Badan Pegal Bagian Belakang dengan Cepat?

Jika Anda mengalami pegal linu di tengah aktivitas, segera hentikan kegiatan untuk sementara, lakukan gerakan peregangan, dan atasi dengan cara minum obat seperti NEO rheumacyl Tablet yang mengandung formula aktif Paracetamol dan Ibuprofen yang terpercaya sejak lama bisa mengatasi nyeri dan pegal linu. Oleh karena itu, yuk lengkapi persediaan obat di rumah dengan membelinya secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli & >Lazada sekarang juga.

Source: klikdokter

Related Article

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More

OTOT

Hobi Touring Motor? Simak Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Naik Motor Berikut Ini

Hal ini tentunya menuntut kekuatan fisik yang memadai, sehingga tak heran jika Anda akan merasakan sensasi badan pegal setelah naik ...

Read More