blog 1

ARTIKEL

Kelelahan bekerja di rumah saat pandemi lebih mungkin terjadi. Hal inilah yang jika dilakukan berulangkali akan memicu pegal linu dan badan lemas saat bekerja. Lalu, bagaimana solusinya?

Kelelahan Bekerja di Rumah Akibat Pandemi Picu Pegal Linu dan Badan Lemas? Ini Solusinya!

Kelelahan bekerja di rumah saat pandemi lebih mungkin terjadi jika dibandingkan saat harus bekerja di kantor. Pasalnya, saat kita bekerja di rumah tidak ada batasan waktu ditambah dengan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. Hal inilah yang jika dilakukan berulangkali akan memicu pegal linu dan badan lemas saat bekerja. Lalu, bagaimana solusinya?

Sesuaikan Jam Kerja Seperti di Kantor

Solusi pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kelelahan bekerja adalah dengan mengatur jam kerja di rumah sama seperti jam kerja kantor. Hal ini bisa mencegah overworking atau bekerja melebihi waktu yang ditentukan, bahkan membuat Anda harus begadang. Luangkan juga waktu istirahat di siang hari untuk berolahraga dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat dan juga mineral penting lainnya yang bisa didapatkan dari nasi, lauk, dan juga sayuran dengan porsi yang cukup. Konsumsi karbohidrat yang berlebihan hanya akan membuat Anda merasa lelah dan lebih mudah mengantuk. So, pastikan porsinya sesuai, ya!

Tidak Melewatkan Sarapan

Saat bekerja di rumah, pastikan juga untuk tidak melewatkan sarapan setiap pagi sebelum beraktivitas. Tujuannya adalah agar Anda dapat melakukan aktivitas dengan lebih semangat dan berstamina. Tak perlu makanan berat, untuk sarapan Anda bisa menyantap beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, roti, susu, oatmeal sebagai sumber tenaga. 

Memperbaiki Posisi Duduk

Kelelahan bekerja dan badan pegal juga bisa timbul akibat posisi duduk yang kurang baik saat bekerja di rumah, mulai dari terlalu membungkuk, bekerja sambil tiduran di kasur, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya, segera ubah kebiasaan ini dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengatur ketinggian kursi dan mulai membiasakan diri untuk duduk tegak saat bekerja. Ingat, jangan bekerja di atas kasur, ya!
  • Lakukan gerakan peregangan seperti duduk di kursi, kaki tetap berpijak di lantai, kemudian putar badan ke bagian belakang (kedua sisi kanan dan kiri) dan tahan selama 10 detik. Lakukan sebanyak tiga kali masing-masing sisi, ya. 
  • Duduk di kursi, mengaitkan jari kedua tangan dan menariknya ke atas, tahan selama 10 detik dan rasakan peregangan yang terjadi. Tak hanya bermanfaat untuk punggung, gerakan ini juga bisa meregangkan otot pundak Anda.
  • Sesekali sempatkan untuk berdiri dan juga berjalan-jalan ke luar ruangan untuk meregangkan badan dan juga akan tidak cepat bosan.

Hindari Begadang

Selain posisi duduk yang bisa membuat ada kelelahan bekerja dan badan terasa pegal, begadang demi menyelesaikan pekerjaan juga bisa membuat Anda terbangun dengan badan yang tidak segar dan berujung lemas seharian penuh. Untuk itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya. Tak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan, karena masih ada hari esok di mana Anda bisa kembali melanjutkan aktivitas. Ingat, bekerjalah sesuai dengan waktu yang ditentukan di tempat kerja Anda, ya!

Mengoleskan Krim Pereda Pegal Linu

Langkah efektif selanjutnya untuk mengatasi badan pegal-pegal akibat kelelahan bekerja adalah dengan mengoleskan krim pereda pegal linu yang dirasakan beberapa bagian tubuh, mulai dari pundak, punggung, pinggang, hingga lengan yang terasa pegal. Anda dapat mengoleskan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat yang mengandung Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya untuk mengatasi nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan atau  NEO rheumacyl Cream HOT jika pegal linu yang Anda alami terasa berat.

SHARE ON :