blog 1

ARTIKEL

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah, ternyata cuaca dingin juga menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri otot dan sendi, terutama di bagian jari tangan, kaki, pundak, dan punggung. Mengapa hal ini bisa terjadi, ya?

Sering Alami Nyeri Otot Saat Kedinginan? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah, ternyata cuaca dingin juga menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri otot dan sendi, terutama di bagian jari tangan, kaki, pundak, dan punggung. Mengapa hal ini bisa terjadi, ya?

Dilansir dari laman online situs Halodoc.com, hal ini terjadi karena adanya perubahan tekanan udara menjadi lebih rendah (suhu udara menjadi lebih dingin), meningkatnya kelembapan udara, dan angin kencang yang juga bisa memberikan penekanan pada sendi dan otot. Ketika otot dingin, maka fleksibilitasnya berkurang dan cenderung memicu kerusakan yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri otot.

Teori lain menyebutkan bahwa peradangan yang menyebabkan nyeri otot juga bisa terjadi karena adanya perubahan tekanan biometrik atau tekanan di dalam atmosfer bumi. Selain menyebabkan otot mengalami peradangan, udara dingin bisa membuat saraf di persendian menjadi lebih sensitif, sehingga membuat nyeri otot dan sendi terasa lebih sakit.

Cara Mengatasi Nyeri Otot Saat Kedinginan
Jika Anda terlanjur mengalami nyeri otot dan diperparah oleh paparan AC atau udara dingin akibat hujan lebat, segera atasi dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Kenakan pakaian hangat berlapis
    Saat nyeri otot melanda akibat paparan udara dingin, segera kenakan pakaian hangat seperti jaket tebal, kaos kaki, atau syal untuk menutup bagian leher. Bila perlu, Anda bisa mengenakan pakaian hangat berlapis (kaos lengan panjang dan sweater atau jaket), terutama saat masih harus bekerja di kantor. Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat sambil memberikan pijatan ringan di bagian yang terasa nyeri.
  • Aktif bergerak untuk melatih kekuatan otot dan tulang
    Keluhan nyeri otot juga bisa diatasi dengan cara melakukan gerakan peregangan untuk mengurangi tekanan pada persendian. Selain itu, Anda bisa juga dengan aktif bergerak, misalnya dengan jalan-jalan di sekitar komplek rumah untuk meregangkan persendian dan otot yang kaku. Namun ingat, tetap lakukan dengan sewajarnya untuk mencegah nyeri yang lebih parah.
  • Memerhatikan berat badan
    Tekanan pada otot dan persendian yang menyebabkan nyeri otot juga biasanya terjadi akibat berat badan berlebih, terutama di bagian lutut karena harus menopang beban yang terlalu berat. Oleh karena itu, perhatikan berat badan Anda dengan baik. Jika dirasa sudah overweight, sebaiknya segera ubah pola makan untuk menurunkan berat badan mencegah terjadinya nyeri otot yang lebih parah di kemudian hari.
  • Kurangi aktivitas berat
    Saat merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh, sebaiknya segera hentikan aktivitas sehari-hari yang cukup berat. Sebaliknya, manfaatkan waktu untuk mengistirahatkan otot tubuh.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi
    Redakan juga nyeri otot yang melanda dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi seperti:
    - Sop ayam yang kaya akan nutrisi dari daging ayam dan sayuran di dalamnya. Selain itu, rasa hangat dari kuah sopnya juga bisa mengusir rasa dingin saat cuaca dingin akibat hujan lebat.
    - Teh hangat yang dicampur dengan jahe. Sifat anti-inflamasi dari jahe sangat baik untuk membantu mengobati otot yang mengalami peradangan akibat aktivitas berat yang diperparah oleh cuaca dingin.
    - Air kelapa muda yang kaya akan kandungan magnesium dan kalium yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi.
    - Ikan salmon dengan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dan baik untuk mengobati peradangan pada otot.
    - Telur rebus sebagai sumber protein yang baik untuk kesehatan tulang dan otot.
  • Minum obat pereda nyeri otot
    Jika nyeri otot terasa cukup mengganggu, Anda bisa segera mengatasinya dengan minum obat pereda nyeri yang mengandung Paracetamol di dalamnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan untuk memerhatikan dosis dan aturan pakai yang bisa Anda temukan di bagian kemasan obatnya.

Dari beberapa cara mengatasi nyeri otot saat kedinginan di atas, mana yang akan Anda coba terlebih dahulu?

SHARE ON :