blog 1

ARTIKEL

pegal linu ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat atau power food, yang bisa bikin badan nggak gampang pegal lagi. Apa saja jenisnya?

Power Food yang Bikin Badan Nggak Gampang Pegal

Selain diredakan dari ‘luar’, pegal linu ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat atau power food, yang bisa bikin badan nggak gampang pegal lagi. Apa saja jenisnya?

1. Madu Manuka

Madu Manuka umumnya lebih kental dari madu biasa dan ternyata juga merupakan anti-inflamasi yang ampuh membantu menekan peradangan akibat olahraga di dalam tubuh. Selain itu madu manuka juga kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan untuk mengisi ulang simpanan glikogen dan mengirimkan protein ke otot Anda. Selain diminum langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan teh atau yogurt.

2. Telur

Telur dikenal sebagai makanan padat nutrisi dan disukai oleh para atlet karena kandungan protein bioavailablenya yang tinggi. Makan telur saat mengalami nyeri otot dapat merangsang pemulihannya. Bukan hanya bagian putihnya, kuning telur juga memiliki banyak manfaat. Para peneliti berpendapat bahwa ini terjadi karena kuning telur yang padat nutrisi menyediakan vitamin, mineral, dan asam lemak, seperti vitamin A, selenium, seng, dan asam lemak palmitat, yang dapat meningkatkan kecepatan sintesis protein otot.

3. Susu

Susu dan produk olahannya mengandung protein tinggi Susu memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk perbaikan otot. Susu dan produk susu juga mengandung karbohidrat. Kombinasi antara protein dan karbohidrat dapat mendukung pertumbuhan otot dan membantu otot Anda mengisi kembali simpanan glikogen (glukosa). Susu juga mengandung sodium, yang penting untuk rehidrasi dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa susu sapi secara signifikan bermanfaat bagi kinerja olahraga dan pemulihan fungsi otot.

4. Kacang & Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian menyediakan asam lemak Omega-3 esensial untuk melawan peradangan, protein untuk sintesis dan pertumbuhan otot, elektrolit untuk hidrasi yang memadai, dan seng untuk meningkatkan  kekuatan otot. Kacang-kacangan dan biji-bijian tidak hanya merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik tetapi juga praktis.

5. Kunyit

Kunyit penuh dengan kurkumin antioksidan yang melawan peradangan (yang telah terbukti mengurangi apa yang disebut nyeri otot onset tertunda), Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Physiology. Senyawa dalam kunyit dapat membantu mengurangi kerusakan otot dan peradangan, meningkatkan perbaikan otot, menjamin tingkat kinerja atletik yang lebih tinggi. Tidak ada salahnya sesekali mengganti kopi atau teh Anda dengan minuman kunyit yang segar.

6. Bayam

Bukan sekadar makanan favorit karakter Popeye, bayam ternyata juga berkontribusi untuk pemulihan tubuh pasca olahraga berat. Sayuran ini mengandung magnesium yang membantu menjaga fungsi otot dan saraf normal, dan juga telah terbukti membantu mengatur gula darah dan tekanan darah. Jadikan bayam sebagai salah satu menu sayur favorit Anda, terutama saat tubuh sedang lelah atau padat aktivitas untuk membantu mempercepat pemulihan otot.

7. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang melawan peradangan, serta protein tanpa lemak yang merupakan komponen kunci untuk pemulihan dan pembentukan otot. Jika Anda berolahraga di awal atau sore hari, masaklah salmon untuk makan siang atau makan malam. Pastikan untuk selalu makan protein dalam waktu 45 menit setelah berolahraga untuk pemulihan dan kekuatan yang memadai.

Wah, dengan memasukkan 7 power food di atas ke dalam menu makanan sehari-hari Anda, sepertinya badan nggak bakal gampang pegal dan nyeri otot berkepanjangan nih! Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang! Namun jika pegal dan nyeri terasa sangat mengganggu, jangan lupa oleskan NEO rheumacyl Otot dan Sendi Cream Tube Varian HOT atau Hangat pada bagian tubuh yang terasa nyeri. NEO rheumacyl membantu redakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Panasnya pas, cepat meresap dan tidak lengket.
 

 

 

SHARE ON :