Olahraga untuk Mengurangi Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas. Mana Favorit Anda?

Olahraga untuk Mengurangi Sakit Punggung Sebelah Kiri Atas. Mana Favorit Anda?

15-January-2020
Share

Sakit punggung, jangan dijadikan alasan untuk malas bergerak. Justru Anda perlu melalukan beberapa gerakan olahraga ringan agar bagian yang nyeri lekas pulih klembali. Bagian punggung atas adalah salah satu yang sering nyeri akibat membawa beban yang terlalu berat, misalnya saja tas ransel dengan muatan penuh. Nah, berikut ini adalah gerakan olahraga yang bisa Anda coba untuk mengurangi sakit punggung di bagian atas.

Putaran kepala
Berdiri atau duduklah dengan tegak dan menghadap ke depan. Perlahan-lahan, miringkan leher Anda ke kiri dan kanan. Rasakan sensasi peragangan yang terjadi antara leher dan otot di bahu Anda. Kemudian  putarlah kepala Anda berlawanan arah dengan jarum jam. Tahan selama 10 detik ketika kepala mencapai bahu kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali sebelum Anda mengganti putaran ke arah sebaliknya.

Putaran bahu
Turun sedikit dari bagian kepala, Anda juga perlu melakukan gerakan memutar pada bagian bahu. Putar bahu Anda ke belakang sebanyak  5 putaran. Kemudian ganti dengan 5 putaran ke arah depan depan.

Posisi meraih atas kepala
Duduk di kursi, menghadap ke depan dengan kaki menginjak lantai. Angkat lengan kanan lurus hingga di atas kepala, kemudian gerakan ke arah kiri seolah Anda sedang menggapai sesuatu. Tekuk tubuh Anda hingga terasa regangan pada nbagian bawah ketiak dan bahu kanan Anda. Ulangi sebanyak 5 kali sebelum berpindah ke tangan yang kiri.

Memutar di kursi
Siakan sebuah kursi dengan sandaran. Duduklah menyamping (sisi samping tubuh bersandar pada sandraan kursi). Pastikan kaki tetap diam, lurus, dan berpijak pada lantai. Perlahan-lahan putar tubuh Anda menghadap ke elakang dan cobalah meraih bagian belakang kursi dengan tangan Anda. Tahan 10 detik, ulangi setiap tiga kali di setiap sisi.

Gerak kupu-kupu
Tempatkan telapak tangan Anda di bahu yang berlawanan secara menyilang. Kemudian pertemukan kedua siku Anda sehingga ujung-ujung siku saling menyentuh. Tahan selama 5 detik kemudian lepaskan. Setalah itu ulangi gerakan sebanyak 3-5 kali.

NEO rheumacyl Otot & Sendi Hot

Lakukan gerakan ringan di atas selama Anda tidak dilarang oleh dokter. Sebab gerakan pemanasan ringan seperti di atas, dapat membuat otot lebih santai sehingga rasa nyeri pada bagian punggung atas dapat lebih berkurang. Usahakan tetap aktif namun tidak berlebihan. Untuk redakan nyeri, Anda juga bisa mengoleskan NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT pada punggung atas atau bagian tubuh lainnya yang terasa nyeri. NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT berguna untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Tersedia dalam kemasan 30 gram yang praktis untuk dibawa kemana saja.

Sumber: healthline.com

Related Article

OTOT

Gerakan Olahraga yang Harus dihindari Saat Nyeri Otot dan Sendi

Aktif bergerak dan berolahraga memang baik untuk siapa saja, tak terkecuali bagi Anda yang memiliki masalah nyeri otot dan sendi. ...

Read More

OTOT

4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Bebas Nyeri Otot dan Sendi Selama Di Rumah Aja

Ketika Anda disibukkan dengan berbagai aktivitas yang melelahkan, rasanya seluruh otot dan persendian terasa nyeri dan butuh istirahat ...

Read More

OTOT

Manfaatkan Bahan Alami, Ini Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Empon-empon

Pandemi COVID-19 bukan hal yang dapat disepelekan. Selain pesebarannya yang dengan cepat meluas di berbagai negara di seluruh dunia, terdapat ...

Read More