blog 1

ARTIKEL

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal dengan sebutan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Tak perlu cemas, karena kondisi ini merupakan hal yang wajar, terutama jika Anda sudah lama tidak berolahraga. Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal dengan sebutan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) biasanya dialami oleh mereka yang baru memulai olahraga, seperti angkat beban, lari, dan latihan kekuatan yang banyak melibatkan gerakan melompat. Dilansir dari Kompas.com, DOMS terjadi karena adanya robekan kecil dalam otot yang memicu proses peradangan, yaitu 24-48 jam setelah olahraga intensif.

Beberapa keluhan yang seringkali dirasakan biasanya rasa pegal di bagian paha, sekitar perut, lengan, dan betis yang membuat pergerakan menjadi terbatas. Meski cukup mengganggu aktivitas Anda, namun tak perlu khawatir karena DOMS akan menghilang secara perlahan dalam hitungan hari dan juga bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Mencegah Badan Pegal Setelah Workout dengan Pemanasan

Pencegahan tentu menjadi hal penting agar Anda tidak mengalami sensasi pegal yang luar biasa setelah berolahraga. Caranya adalah dengan melakukan gerakan pemanasan membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget ketika digunakan untuk berolahraga dan meminimalisir risiko nyeri otot dan pegal linu setelahnya. Tak asal-asalan, ikuti panduan pemanasan dari pelatih atau video panduan berolahraga yang bisa Anda temukan di internet. Tidak perlu waktu lama untuk pemanasan, namun yang penting lakukan dengan tepat setidaknya selama 10 menit.

Menghidrasi Tubuh

Selama berolahraga, tubuh banyak kehilangan cairan melalui keringat. Minumlah lebih banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar. Sebab, kekurangan cairan dapat memperlambat proses pemulihan tubuh akibat darah yang mengental dan juga memicu nyeri otot dan pegal linu pada tubuh. Penting untuk membawa minum selama Anda berolahraga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Mandi Air Hangat dan Memberikan Pijatan Ringan

Anda juga bisa mengurangi badan pegal setelah workout dengan cara mandi air hangat hingga hari ketujuh setelah olahraga. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pijatan ringan di beberapa bagian tubuh yang terasa pegal atau memijatnya di spa dua atau tiga hari setelah berolahraga. Tujuannya adalah untuk menstimulasi penyembuhan pada otot sehingga tubuh bisa rileks kembali.

Minum Obat Pereda Pegal Linu

Selain dengan melakukan beberapa cara di atas, langkah cepat yang bisa Anda lakukan saat badan pegal setelah workout adalah dengan minum obat pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda dapatkan secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli & >Lazada. Formula aktif Paracetamol dan Ibuprofen di dalamnya sudah teruji sejak lama dapat  meredakan pegal linu, terutama setelah aktivitas berat yang Anda lakukan setiap harinya.

SHARE ON :