blog 1

ARTIKEL

Berkendara dengan motor sering membuat tubuh terasa pegal. Berikut ini adalah tips mengurangi pegal linu buat para pengendara motor!

Tips Mengurangi Pegal linu buat para pengendara motor

Berkendara dengan motor memang solusi untuk melalui kemacetan kota besar. Sebagian orang  juga menjadikan aktivitas mengendarai motor sebagai hobi, bahkan membentuk komunitas. Namun tak bisa dipungkiri jika kegiatan ini sering membuat tubuh terasa pegal, apalagi ketika kita harus berada di atas motor dalam waktu lama. Berikut ini adalah tips mengurangi pegal linu buat para pengendara motor!

Pencegahan sebelum berkendara

Mencegah tentu saja lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, biasakan diri Anda untuk melakukan pemanasan sebelum berkendara. Cukup 5 menit, namun percayalah dapat memberi dampak yang signifikan. Lakukan beberapa gerakan peregangan sederhana agar otot Anda tetap lentur sekaligus melancarkan peredaran darah sehingga Anda terbebas dari kram. Beberapa bagian tubuh yang perlu difokuskan saat pemanasan antara lain:

  • Leher
  • Punggung bawah
  • Bahu
  • Pinggul

Menentukan titik perhentian

Sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa menentukan titik-titik perhentian untuk beristirahat. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat tersebut untuk melakukan peregangan ringan. Bahkan jika rute yang Anda lalui ‘hanya’ perjalanan dari kantor ke rumah, tidak ada salahnya memberi jeda untuk tubuh setidaknya pada satu titik perhentian.

Sudah pemanasan, namun masih pegal linu

Pemanasan memang dapat memperkecil risiko pegal linu, namun bukan berarti Anda tidak akan mengalami pegal sama sekali. Dengan posisi tubuh yang sama selama berjam-jam ketika berkendara, tubuh Anda menjadi lebih rentan terasa kaku dan sakit. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi pegal linu bagi para pemotor antara lain:

  • Menggunakan Kompres Hangat dan Dingin

Kompres bagian tubuh yang terasa pegal atau nyeri dengan kompres hangat dan dingin secara bergantian. Kompres hangat dapat mengedurkan otot yang kaku dan mengurangi nyeri. Kompres dingin dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi aliran darah.

  • Oleskan Krim Pereda Pegal dan Nyeri

Penanganan nyeri dengan krim topikal tertentu dapat berfungsi mengurangi pegal dan nyeri otot. Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube untuk meredakan pegal, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri akibat encok, keseleo, bengkak akibat benturan, yang sangat mungkin Anda alami selama berkendara. NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube memiliki sensasi panas yang kuat dan cepat meresap sehingga efektif mengatasi pegal dan nyeri otot dengan cepat.

  • Obat Pereda Nyeri

Jika Anda menggunakan motor untuk jarak jauh seperti saat touring misalnya, tidak ada salahnya membawa persiapan yang matang. Salah satunya dengan membawa obat pereda nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal linu yang mengandung Ibuprofen dan Parasetamol. Anda bisa mengkonsumsi obat ini bila merasakan nyeri dan pegal yang tidak tertahankan, agar bisa melanjutkan perjalanan dengan aman.

SHARE ON :