Lutut Sakit Setelah Jongkok? Simak Cara Cepat Mengatasinya Berikut Ini

Lutut Sakit Setelah Jongkok? Simak Cara Cepat Mengatasinya Berikut Ini

02-February-2020
Share

Hampir sebagian besar orang dewasa pasti pernah mengalami lutut sakit setelah jongkok dan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya antara lain karena adanya pengapuran sendi akibat pertambahan usia, terlalu lama melakukan aktivitas berat, atau cidera otot yang pernah dialami sebelumnya. Jika Anda mengalami keluhan yang satu ini saat beraktivitas, simak beberapa cara cepat mengatasinya berikut ini.

Melakukan Gerakan Peregangan

Saat mengalami lutut sakit setelah jongkok, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak (kedua kaki dalam kondisi berdiri sejajar tidak menekuk) secara perlahan. Setelah itu, coba lakukan gerakan peregangan seperti:

  • Naik Anak Tangga, Anda bisa memanfaatkan anak tangga atau lantai yang lebih tinggi untuk dinaiki secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.
  • Mengangkat Betis, yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang. Anda bisa memanfaatkan bangku atau dinding untuk berpegangan dan menjaga keseimbangan.
  • Setengah Squat, yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Berbeda dengan squat pada umumnya di mana kita harus menurunkan tubuh layaknya mengambil posisi jongkok, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot lutut.

Memijatnya Perlahan

Langkah selanjutnya adalah mengistirahatkan kaki dan memberikan pijatan ringan di daerah sekitar paha dan tempurung lutut yang terasa nyeri. Lakukan cara yang satu ini beberapa kali sambil mengambil posisi duduk dan meluruskan kedua kaki sampai rasa nyerinya berkurang.

Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu solusi mengatasi lutut sakit setelah jongkok lainnya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri sendi dan otot, seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda bawa saat beraktivitas. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri otot dan sendi pada tempurung kaki, sehingga Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Saat lutut sakit setelah jongkok mulai terasa, ingat selalu untuk segera minum NEO rheumacyl Tablet, ya!

Source: Alodokter

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More