Kebiasaan Penyebab Sakit Pundak Leher Pegal Mana yang Paling Sering Anda Lakukan?

Kebiasaan Penyebab Sakit Pundak Leher Pegal Mana yang Paling Sering Anda Lakukan?

21-June-2020
Share

Sakit pundak dan leher pegal yang sering Anda alami sebenarnya bukan terjadi tanpa alasan. Sadar atau tidak ada kebiasaan-kebiasaan Anda yang ternyata justru  jadi penyebabnya! Coba jawab beberapa pertanyaan di bawah untuk mencari tahu penyebabnya, kebiasaan buruk mana yang paling sering Anda lakukan?

1.Apa aktivitas yang paling sering Anda lakukan setiap hari?

  1. Mengerjakan aktivitas rumah tangga
  2. Bekerja dengan komputer atau laptop
  3. Berkendara atau menggunakan transportasi umum

2.Hal apa yang paling membuat Anda merasa lelah secara fisik setiap hari?

  1. Menyetrika dan mengepel lantai
  2. Duduk berjam-jam
  3. Menghadapi kemacetan

3.Bagaimana kebiasaan olahraga Anda?

  1. Menyempatkan olahraga setidaknya 1-2 kali seminggu.
  2. Tidak sempat berolahraga dalam 1 bulan terakhir
  3. Berolahraga setiap hari dalam durasi singkat—setidaknya berjalan kaki.

4.Bagaimana kebiasaan tidur Anda?

  1. Jam tidur teratur namun kurang dari 7 jam per hari
  2. Sering bergadang karena pekerjaan ataupun insomnia.
  3. Sering tertidur tanpa sadar karena kelelahan

5.Secara spesifik, bagian tubuh mana saja yang sering mengalami pegal linu?

  1. Pundak, pinggang, lengan
  2. Leher, pundak
  3. Leher, pundak, punggung, kaki

Hasilnya....

Jika lebih banyak A

Jawaban Anda yang kebanyakan A menggambarkan kegiatan sehari-hari Anda yang lebih banyak di rumah dan kemungkinan lebih banyak mengerjakan hal-hal domestik seperti halnya ibu rumah tangga. Namun berada di rumah tidak selalu berarti Anda memiliki cukup waktu untuk bersantai. Justru Anda memiliki banyak pekerjaan rumah tangga dan mungkin mengurus anak yang seolah tak ada habisnya! Anda juga sering mengangkat barang berat seperti galon air mineral, tas belanja, atau pun menggendong anak—tak heran jika seringnya membawa barang berat ini jadi penyebab utama Anda mengalami sakit pundak dan leher pegal!

Anda bisa menanggulangi masalah ini dengan beberapa cara, misalnya mengangkat galon dengan posisi tubuh yang benar, membagi belanjaan dalam beberapa tas terpisah atau menggantinya dengan troli belanja, serta menggunakan alat bantu saat menggendong anak. Namun di sisi lain Anda memiliki keuntungan yaitu sangat mungkin menyelipkan kegiatan olahraga di tengah kesibukan Anda, misalnya zumba sambil mengajak si Kecil menari atau menggunakan sepeda statis dan treadmill  di rumah.

Jika lebih banyak B

Jawaban domin B menunjukkan Anda adalah pegawai kantoran yang sibuk dengan jam kerja yang panjang (9 jam atau lebih). Sakit pundak dan leher pegal yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh postur tubuh yang buruk akibat terlalu lama duduk di depan komputer atau laptop. Rutinitas kerja juga membuat Anda ‘lupa’ bergerak. Solusinya? Anda bisa mengubah posisi duduk setiap 15 menit, stretching atau berjalan-jalan berkeliling ruang kantor setidaknya setiap dua jam, dan jangan banyak mengonsumsi air mineral. Hindari juga stres dan jangan jadikan begadang sebagai kebiasaan ya!

Jika lebih banyak C

Anda adalah orang yang memiliki mobilitas tinggi. Pekerjaan Anda mungkin menuntut Anda untuk pergi ke beberapa tempat sekaligus dalam satu hari. Akibatnya, waktu Anda banyak dihabiskan di perjalanan entah naik mobil ataupun motor namun yang jelas kemacetan lalu lintas sudah menjadi bagian dari keseharian Anda. Tak heran jika pundak dan leher Anda terasa nyeri, bahkan punggung dan kakipun terasa pegal! Untungnya Anda terbiasa ‘aktif’ sehingga cukup berstamina untuk berjalan kaki ataupun berlari. Usahakan menjadikan olahraga tersebut sebagai rutinitas olahraga Anda ya!

Nah, sudah tau penyebab dan solusi dari sakit pundak dan leher pegal yang Anda alami, kan? Selain memperbanyak olahraga, istirahat, dan konsumsi air putih, Anda juga perlu sedia NEO rheumacyl Oralinu. Obat herbal badan pegal linu yang mengandung bahan alami dari tanaman herbal di dalamnya efektif meredakan nyeri sendi dan pegal akibat aktivitas sehari-hari. Tidak hanya mencegah nyeri sendi dan pergal linu, NEO rheumacyl Oralinu juga mengandung esktrak jahe, kunyit, dan ginseng yang berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh akibat kecapekan beraktivitas.

! Dapatkan produknya di e-commerce kesayangan Anda seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, JDID, dan Gogobli. Untuk info selengkapnya, kunjungi official account Instagram, Facebook, dan Youtube NEO rheumacyl sekarang juga.

Related Article

OTOT

Hati-hati, Ini 3 Kebiasaan yang Salah Setelah Berolahraga yang Memicu Nyeri Otot dan Sendi

Meski olahraga sedang menjadi tren saat ini, namun tak jarang juga yang masih malas untuk melakukannya karena takut mengalami nyeri ...

Read More

OTOT

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini. ...

Read More

OTOT

Sakit Punggung dan Badan Kaku Setiap Bangun Tidur? Atasi dengan Cara Ini!

Jika iya, jangan sepelekan keluhan sakit punggung dan badan kaku yang Anda alami saat bangun tidur. Yuk, segera cari tahu ...

Read More