blog 1

ARTIKEL

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi efektif untuk mengatasi pegal di punggung dan pundak yang disebabkan oleh kesalahan posisi saat mengangkat barang.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang dan Pundak Terasa Pegal Akibat Salah Posisi Saat Mengangkat Barang

Mengangkat barang berat pada posisi yang salah dapat menyebabkan ketegangan pada otot punggung dan pundak, yang pada akhirnya menimbulkan rasa pegal dan nyeri. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi efektif untuk mengatasi pegal di punggung dan pundak yang disebabkan oleh kesalahan posisi saat mengangkat barang.

 

1. Pemanasan sebelum aktivitas

Sebelum Anda mengangkat barang, lakukan pemanasan ringan untuk mempersiapkan otot-otot punggung dan pundak. Peregangan dan gerakan ringan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan mencegah ketegangan yang berlebihan.

 

2. Terapkan teknik mengangkat barang yang benar

Untuk mencegah sakit pinggang dan pundak pegal akibat otot yang menegang, penting sekali untuk memerhatikan teknik mengangkat barang yang benar berikut ini.

  • Bungkukkan tubuh. Ketika akan mengangkat barang, tekuk lutut Anda, bukan pinggang. Teknik ini memindahkan tekanan dari punggung ke otot-otot paha yang lebih kuat.
  • Gunakan otot paha dan betis. Dorong tubuh Anda ke atas dengan memanfaatkan kekuatan otot paha dan betis, bukan punggung atau pundak.
  • Jaga posisi punggung. Pastikan punggung Anda tetap lurus selama proses mengangkat barang, dan hindari membungkukkan punggung ke depan.

 

3. Gunakan alat bantu atau bantuan

Jika barang terlalu berat, jangan ragu untuk menggunakan alat bantu atau meminta bantuan. Seringkali, mengangkat barang bersama orang lain atau menggunakan alat bantu dapat mengurangi beban pada punggung dan pundak.

 

4. Pegangan yang baik

Pastikan Anda memiliki pegangan yang baik pada barang yang akan diangkat. Hindari pegangan yang terlalu licin atau terlalu lebar, karena hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan ketegangan ekstra pada otot.

 

5. Tumpu berat beban pada kedua kaki

Seimbangkan berat tubuh pada kedua kaki saat mengangkat barang. Hindari berdiri dengan satu kaki di depan, karena hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menambah tekanan pada punggung.

 

6. Pergantian posisi saat mengangkat barang berat

Jika Anda harus mengangkat barang yang berat, putar seluruh tubuh Anda untuk mengarahkan barang ke arah tujuan, bukan hanya memutar bagian atas tubuh. Ini dapat mencegah tekanan yang tidak seimbang pada otot punggung dan pundak.

 

7. Istirahat dan peregangan setelah aktivitas

Setelah mengangkat barang, beri diri Anda waktu untuk istirahat. Lakukan peregangan otot punggung dan pundak untuk mengurangi ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas.

 

8. Penggunaan bantal dan penyangga punggung

Jika Anda sering mengalami pegal di punggung dan pundak, pertimbangkan untuk menggunakan bantal atau dukungan punggung saat duduk. Ini dapat membantu mempertahankan posisi alami tulang belakang dan mengurangi tekanan.

 

9. Kompres dengan air hangat atau air es

Jika Anda merasa otot-otot punggung atau pundak tegang, terapkan kompres panas atau dingin pada area yang terasa pegal. Panas dapat membantu meredakan ketegangan, sementara dingin dapat mengurangi peradangan.

 

10. Memijat bagian yang terasa pegal

Cara mengatasi sakit pinggang dan pundak terasa pegal yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan ringan sambil mengoleskan NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube di bagian yang terasa nyeri. Tak perlu khawatir, sebab NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube memiliki formula cepat meresap dan panasnya ekstra yang dapat membantu meredakan pegal pegal, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri akibat encok, keseleo, bengkak akibat terpukul atau benturan, serta membantu meredakan gejala masuk angin, perut kembung, dan sakit kepala.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko pegal di punggung dan pundak akibat kesalahan posisi saat mengangkat barang. Perhatikan posisi tubuh Anda, dan berikan perhatian khusus terhadap pencegahan untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan otot Anda.

 

Artikel Lainnya: 6 Alasan Kenapa Punggung Terasa Pegal. Nomor 4 Paling Sering Dilakukan!

SHARE ON :