Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Lutut yang Sakit?

23-September-2020
Share

Jika Anda termasuk seseorang yang seringkali melakukan aktivitas berat, mengalami lutut yang sakit adalah hal yang wajar terjadi. Mungkin awalnya Anda menganggapnya sebagai keluhan biasa saja dan bisa sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, tahukah Anda bahwa nyeri pada lutut ini bisa saja bertambah parah jika tidak segera diatasi, lho.

Lalu, bagaimana cara mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengistirahatkan Lutut yang Sakit

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati lutut sakit adalah dengan mengistirahatkan kaki selama beberapa waktu. Tak perlu khawatir, Anda masih tetap dapat bekerja atau melakukan aktivitas seperti biasanya kok, namun pastinya dengan mengurangi aktivitas yang banyak melibatkan kerja otot di bagian kaki, terutama lutut.

Mengompresnya dengan Es

Setelah itu, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan lutut yang sakit dengan mengompres menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain bersih. Caranya adalah dengan meletakkan kompresan di bagian yang terasa nyeri dengan sedikit tekanan, sensasi dingin yang Anda rasakan inilah yang bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi pembengkakan pada lutut yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin hingga rasa nyerinya mulai menghilang.

Memberikan Pijatan Ringan

Setelah mengompres lutut dengan es, percepat juga proses pemulihan lutut yang sakit dengan memberikan pijatan ringan di bagian lutut yang terasa nyeri. Simak caranya berikut ini.

  • Duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian mengepalkan kedua tangan dan memukul perlahan paha bagian atas, tengah, dan bawah sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Terakhir, letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Lakukan beberapa gerakan di atas secara rutin hingga nyerinya mereda, terutama saat lutut sedang terasa sakit.

Melakukan Gerakan Peregangan

Selain memberikan pijatan ringan, melakukan gerakan peregangan secara rutin juga bisa mempercepat proses pemulihan lutut yang sakit. Caranya adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak (kedua kaki dalam kondisi berdiri sejajar tidak menekuk) secara perlahan. Setelah itu, coba lakukan gerakan peregangan berikut ini.

  • Naik anak tangga, Anda bisa memanfaatkan anak tangga atau lantai yang lebih tinggi untuk dinaiki secara bergantian antara kaki kanan dan kiri. Lakukan secara perlahan agar lutut tidak semakin parah, ya.
  • Mengangkat betis, caranya adalah dengan berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang.
  • Setengah squat, caranya hampir sama dengan squat pada umumnya yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Namun, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot lutut.

Minum Obat Pereda Nyeri

Lutut yang sakit saat beraktivitas juga bisa diatasi dengan minum obat obat pereda nyeri sendi dan otot, seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda bawa kemana saja. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri otot dan sendi pada tempurung kaki, sehingga pemulihan lutut bisa berjalan lebih cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Menariknya lagi, saat ini Anda bisa mendapatkannya dengan lebih praktis, cepat, dan aman secara online hanya di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada, lho!

Related Article

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More

OTOT

Tidak Perlu ke Luar Rumah, Solusi mandiri atasi Nyeri Otot dan Sendi

Bagaimana jika berada di rumah Anda mengalami masalah nyeri otot? Sedangkan situasinya belum memungkinkan untuk memanggil terapis dengan leluasa. Lantas ...

Read More