blog 1

ARTIKEL

Saat kaki mulai terasa pegal di tengah perjalanan mudik Anda, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

Cara Mengatasi Kaki Pegal di Malam Hari Akibat Nyetir Saat Mudik

Perjalanan mudik masih cukup jauh, namun kaki terasa pegal di malam hari akibat nyetir mobil dalam waktu yang lama? Well, hal ini wajar terjadi, terutama saat mudik lebaran. Perjalanan panjang dengan mobil dapat membuat otot Anda terasa merasa kaku, nyeri, dan pegal linu. Aliran darah juga terhambat akibat berada dalam posisi duduk untuk waktu yang lama.

Penyebab kaki pegal saat mengendarai mobil

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi kaki pegal ketika mudik, simak dulu beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini.

  1. Posisi duduk yang salah saat mengendarai mobil, seperti duduk terlalu membungkuk, jarak antara lutut dan kemudi yang terlalu dekat, atau duduk terlalu tegak.
  2. Kondisi jalanan yang tidak bagus, sehingga membuat Anda harus menyetir mobil dengan lebih hati-hati.
  3. Kondisi jalanan yang cukup macet membuat Anda harus menginjak rem, kopling, dan gas berulang kali.
  4. Rasa ingin cepat sampai di tujuan yang membuat Anda tidak mau meluangkan waktu untuk beristirahat dan melakukan peregangan tubuh.
  5. Salah memilih alas kaki.

Jika dibiarkan, Otot kaki dan sendi kaki anda akan lebih mungkin terasa nyeri serta pegal. Sehingga mengganggu kenyamanan Anda selama di perjalanan. Agar keluhan tidak berlanjut, segera atasi dengan beberapa cara berikut ini!

Cara mengatasi kaki pegal saat mudik

Saat kaki mulai terasa pegal di tengah perjalanan mudik Anda, segera lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Cari tempat yang nyaman untuk beristirahat, misalnya di pom bensin, halaman rumah warga, pinggir jalan yang aman, atau di restoran.
  2. Meluruskan kedua kaki agar lebih rileks. Bila perlu, sempatkan untuk tidur beberapa saat.
  3. Memberikan pijatan ringan pada bagian yang terasa pegal, mulai dari betis, paha, dan lutut.
  4. Mengoleskan krim pereda rasa pegal dan nyeri otot, seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream pada bagian yang terasa sakit. Kandungan Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) di dalamnya ampuh meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang. Jika rasa nyeri dan pegal yang dialami cukup berat, coba oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream dengan sensasi panas yang lebih ekstra dan efektif mengatasi nyeri otot.

Tips agar perjalanan mudik menjadi lebih nyaman dan menyenangkan

Setelah rasa pegal di bagian kaki mulai mereda, Anda dapat melanjutkan perjalanan mudik dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Tetapkan batasan waktu berkendara dan istirahat. Misalnya saja Anda akan beristirahat selama satu jam setelah melakukan perjalanan selama tiga jam. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelelahan yang dapat membahayakan perjalanan mudik Anda.
  2. Jaga agar postur tubuh Anda tetap tegak selama mengemudi dan terus siaga mengamati cermin dan rambu-rambu jalan.
  3. Sediakan kopi atau teh. Sesekali minumlah untuk mengisi ‘energi’ Anda. Namun, cobalah untuk meminumnya sedikit demi sedikit. Sebab meminum kafein terlalu cepat justru akan membuat Anda menjadi gelisah dan terus menerus ingin ke kamar kecil.
  4. Dengarkan podcast atau musik yang menarik untuk membuat perjalanan semakin menyenangkan dan bebas dari rasa bosan. Carilah podcast atau audiobook menarik sehingga dapat membuat Anda terus terjaga.
  5. Bila memungkinkan, ajak anggota keluarga untuk berkendara secara bergantian. Akan lebih baik jika ada lebih dari satu orang yang memiliki kemampuan menyetir yang baik saat perjalanan mudik. Dengan begitu, Anda bisa berbagi tugas dengannya dan dapat menghindari kelelahan yang berlebihan saat menempuh perjalanan jauh.
  6. Hindari mengemudi antara tengah malam hingga jam 6 pagi, sebab waktu tersebut tubuh Anda biasanya tidur. Jika bisa, usahakan untuk mengemudi pada siang hari dan hindari mengemudi lebih dari 8 jam dalam sehari, ya.
  7. Rehat dari mobil dan lakukan stretching untuk melancarkan peredaran darah. Stretching juga bisa memompa endorfin untuk ‘membangunkan’ otak Anda sehingga kembali segar.

Baca juga: Nyeri Otot Sering Terasa Saat Bangun Tidur? Kebiasaan di Malam Hari Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

SHARE ON :