blog 1

ARTIKEL

Benarkah air garam dapat mengatasi pegal linu? Jawabannya: benar. Meski begitu, jenis garam yang dipakai bukanlah garam dapur, ya.

Benarkah Air Garam dapat Mengatasi Pegal Linu dan Kelelahan pada Kaki?

Saat mengalami keluhan pegal linu di bagian kaki, beberapa orang akan lebih cenderung untuk mengatasinya dengan cara tradisional. Selain memijat bagian tubuh yang terasa pegal, cara lain yang dilakukan adalah merendamnya di dalam air hangat yang di campur dengan garam. Lantas benarkah bahwa air garam dapat meredakan keluhan pegal linu? Simak penjelasannya di sini!

Benarkah air garam dapat mengatasi pegal linu?

Jawabannya: benar. Meski begitu, jenis garam yang dipakai bukanlah garam dapur, ya. Untuk meredakan keluhan pegal linu yang dialami, Anda harus menggunakan jenis garam Epsom atau garam Himalaya yang dicampurkan dalam air hangat.

Melansir dari Hellosehat.com, garam Epsom adalah garam yang terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang), serta oksigen hingga menghasilkan magnesium sulfat. Dinamai garam Epsom karena berasal dari kota Epsom di Surrey, Inggris. Mineral alami ini disebut garam karena memiliki struktur kimia magnesium sulfat (MgSO4).

Ketika magnesium diserap, kandungan tersebut dapat merelaksasi otot dan mencegah dari kram, kejang, hingga pegal linu. Menggunakan garam Epsom untuk merendam kaki juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terasa pegal tersebut. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, simak caranya berikut ini.

  1. Siapkan air hangat dalam satu ember besar atau bathtub.
  2. Melarutkan 300 gram garam Epsom ke dalam air hangat.
  3. Gunakan air garam untuk merendam kaki yang pegal selama 15–30 menit.

Cara mengatasi kaki pegal linu dan kelelahan

Jika merendam kaki menggunakan larutan air garam Epsom dirasa cukup sulit, apalagi jika mengingat harga garamnya cukup mahal, berikut ini beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki pegal linu dengan sederhana.

  1. Mengistirahatkan kaki dan hindari untuk menggerakkannya untuk beberapa saat.
  2. Kompres dingin menggunakan es di area yang sakit selama 15-20 menit setiap kali. Ulangi setiap dua hingga empat jam hingga keluhannya mereda.
  3. Jika kaki pegal linu di bagian kaki disebabkan oleh kram otot, maka peregangan otot bisa menjadi solusi yang cukup membantu.
  4. Hindari aktivitas yang terlalu berat, seperti olahraga angkat beban, mengangkat galon, atau kegiatan lain yang membuat kaki harus menopang beban atau bekerja lebih keras.
  5. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit sederhana.
  6. Memeriksakan ke dokter jika rasa pegalnya tak kunjung reda bahkan semakin parah.

Selain beberapa cara di atas, redakan juga bagian kaki yang pegal linu dengan memberikan pijatan sambil sambil mengoleskan krim pereda nyeri seperti NEO rheumacyl Eucalyptus Cream yang mengandung Menthol dan Eucaplyptus (kayu putih) untuk meredakan nyeri otot dan sendi dengan tingkat rasa sakit yang ringan hingga sedang.

Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi hangat yang lebih ekstra, coba oleskan NEO rheumacyl Extra Hot Cream untuk mengatasi nyeri otot yang lebih efektif, sehingga keluhan dapat cepat mereda dan Anda dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

Pastikan untuk selalu membawa NEO rheumacyl Eucalyptus Cream dan NEO rheumacyl Extra Hot Cream saat beraktivitas, sehingga saat pegal linu melanda Anda bisa langsung mengatasinya. Tak perlu bingung, karena Anda bisa mendapatkan produknya dengan mudah, baik membelinya secara langsung di toko kesayangan atau secara online di marketplace favorit. Anda tertarik untuk mencobanya?

SHARE ON :