Siapkan Ini Sebelum Anda Mendaki Gunung

Siapkan Ini Sebelum Anda Mendaki Gunung

27-September-2017
Share

Indonesia dikenal memiliki gunung-gunung tinggi dengan pemandangan yang menawan. Tidak heran keggiatan mendaki gunung atau hiking cukup populer untuk dilakukan. Apakah Anda tertarik mencoba hiking sendiri tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Ini panduan yang dapat membantu Anda untuk melangkah ke alam bebas tanpa rasa takut.

Sepatu yang pas
Jika kaki terasa nyaman, maka perjalanan Anda akan lebih terasa seru dan menyenangkan, apalagi jalan kaki menjadi aktivitas utama saat hiking. Pilih bahan yang nyaman namun kuat melindungi kaki seperti kulit sintetis. Biasanya kaki masih dapat bernapas sekaligus melindungi kaki dari terjalnya medan hiking. Pastikan juga bantalannya nyaman. Kalau Anda beli sepatu baru sebaiknya dicoba dulu beberapa kali sebelum melakukan hiking, untuk menghindari lecet.

Ransel yang ringan
Pilih ransel dengan bahan yang dapat mengikuti lekuk tubuh dan gerakan badan saat berjalan, serta  tali yang nyaman dapat membuat barang bawaan terasa lebih ringan saat dibawa-bawa. Jangan lupa bawa barang yang hanya akan membantumu survive di luar sana, makanan dan minuman, obat-obatan pribadi, pakaian hangat, dan sebagainya. Tapi tidak perlu semua Anda pack dalam tas, pilah lagi. Misalnya membawa raincoat akan lebih praktis daripada membawa payung. 

Kenakan pakaian berlapis
Pakaian berlapis menjaga tubuh tetap kering dan hangat. Hindari memakai katun apalagi di udara dingin. Denim sekarang pun kebanyakan terbuat dari katun juga. Katun menahan kelembapan. Sekali katun basah, butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Dalam kondisi parah Anda bisa terkena hipotermia. 

Coba di rumah
Di lapangan tidak jarang hiker pemula gagal membangun tenda dan akhirnya tidur di alam terbuka hanya dengan menggunakan sleeping bag. Tidak ada salahnya Anda praktik dulu berulang-ulang untuk membangun tenda di rumah.

Bawa peta manual
GPS di ponsel Anda tidaklah cukup. Bagaimana kalau sinyal hilang atau baterai habis? Peta topografi akan sangat berguna jika Anda hiking di alam liar. Pelajari cara membacanya untuk bisa mengetahui di mana tempat-tempat penting seperti sungai, persimpangan jalan, atau puncak gunung. Jangan lupa juga bawa dan pelajari cara membaca kompas. 

Enjoy
Perjalanan memang menguras energi, tapi Anda tetap bisa menikmatinya asalkan tidak dikejar waktu. Kalau ingin menikmati sunset berangkatlah lebih awal, jangan ngaret. Pastikan juga tubuh Anda siap tempur tidak sebentar-sebentar ingin istirahat karena lelah. Jika saat perjalanan kamu mengalami pegal-pegal, kram, kesemutan, kebas dan akhirnya jadi nyeri saraf otot, jangan diabaikan. Segeralah minum NEO rheumacyl Neuro.  Mengandung Ibuprofen yang meredakan nyeri saraf otot, pegal, kram dan kesemutan serta Vitamin B1, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan saraf.

Related Article

OTOT

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

aat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. ...

Read More

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More