blog 1

ARTIKEL

Jika keluhan badan pegal linu mulai mengganggu aktivitas olahraga Anda, segera lakukan berapa tips berikut ini untuk mengatasinya.

Badan Pegal Linu Bikin Olahraga Terganggu? Begini Cara Mengatasinya

Dalam kehidupan sehari-hari, keluhan badan pegal linu menjadi hal yang wajar terjadi. Umumnya, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari aktivitas yang cukup padat, postur tubuh yang tidak baik, hingga posisi duduk yang kurang tepat setiap harinya. Bagi pecinta olahraga, melakukan olahraga yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab badan pegal linu, loh.

Well, olahraga rutin memang menjadi cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Namun, bukan berarti kita melakukannya secara berlebihan, ya. Alih-alih membuat badan semakin sehat, olahraga terlalu berat dan berlebihan justru bisa menimbulkan keluhan badan pegal linu, apapun itu jenis olahraganya. Sebab, dalam kondisi ini tubuh dipaksa untuk melakukan hal yang berat dan berulang, apalagi jika jenis olahraga yang dipilih tidak sesuai dengan kemampuan tubuh.

Nah, jika keluhan badan pegal linu mulai mengganggu aktivitas olahraga Anda, segera lakukan berapa tips berikut ini untuk mengatasinya.

1. Hentikan kegiatan olahraga

Jika pegal linu melanda saat berolahraga, sebaiknya segera hentikan kegiatan olahraga agar keluhannya tidak semakin parah. Cari tempat yang nyaman, istirahatkan badan, cukupi kebutuhan air mineral, dan juga atur pernapasan agar aliran darah kembali lancar, sehingga pasokan oksigen dalam tubuh dapat terdistribusi dengan baik.

2. Merendam kaki dengan air hangat

Melakukan olahraga lari memang menyenangkan, namun jika dilakukan saat kondisi tubuh sedang tidak fit, kurang tidur, dan cuaca yang cukup panas tentu bisa membuat badan pegal linu, terutama di bagian kaki. Untuk mengatasinya, coba ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Merendam kaki dalam air hangat yang dicampur garam yang konon ampuh membantu mengurangi rasa pegal linu dan juga mencegah pembengkakan.
  • Melakukan gerakan peregangan jari kaki, yaitu dengan menekuk jari kaki dan melepaskannya kembali yang dilakukan beberapa kali hingga pegal mereda.
  • Memijat bagian kaki secara perlahan, terutama di bagian yang terasa pegal linu
  • Mengompres menggunakan air es untuk mencegah peradangan dan membuat otot kembali rileks.

3. Memberikan pijatan ringan

Selain kaki, Anda juga bisa memberikan pijatan ringan di area lainnya yang terasa pegal, seperti bahu dan pinggang. Hal ini dilakukan untuk menstimulasi penyembuhan pada otot sehingga tubuh kembali rileks dan dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

4. Mengoleskan krim pereda nyeri otot dan pegal linu

Agar proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat, Anda bisa mengoleskan krim pereda pegal linu dan nyeri otot seperti seperti NEO rheumacyl EXTRA HOT CREAM Tube sambil memberikan pijatan ringan di area yang terasa pegal linu. Kandungan bahan seperti Menthol, Methyl Salicylate, Camphora, dan Eugenol di dalamnya memberikan sensasi hangat yang ekstra dan ampuh untuk meredakan pegal linu serta nyeri otot. Selain itu, formulanya juga cepat meresap, sehingga tidak lengket di kulit ketika dioleskan.

 

Agar pegal linu dan nyeri otot tak lagi Anda rasakan saat berolahraga, pastikan untuk mengawalinya dengan melakukan gerakan pemanasan dengan baik, mengakhiri sesi olahraga dengan pendinginan, dan memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup setiap harinya.

SHARE ON :