Badan Pegal Linu Akibat WFH? Atasi dengan Cara Sederhana Ini di Rumah

Badan Pegal Linu Akibat WFH? Atasi dengan Cara Sederhana Ini di Rumah

04-January-2021
Share

Badan pegal linu saat WFH bisa terjadi tak hanya karena Anda duduk terlalu lama di depan komputer, tetapi juga karena banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Beberapa pekerjaan rumah seperti mencuci baju, membersihkan rumah, dan berbagai hal lainnya secara tidak sadar juga sangat menguras tenaga dan banyak melibatkan badan bagian belakang seperti tulang punggung dan pinggang. Hal inilah yang akhirnya membuat keluhan pegal linu makin parah.

Redakan Badan Pegal Linu dengan Melakukan Gerakan Peregangan

Bagian tubuh yang seringkali terasa pegal linu saat WFH adalah punggung, pundak, dan juga pinggang. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, misalnya adalah sebagai berikut.

  • Mengaitkan kedua tangan, menariknya ke atas, kemudian menggerakkannya ke sisi kanan, kiri, depan, bawah, dan belakang. Hal ini akan sangat berguna untuk meregangkan otot pundak dan punggung Anda.
  • Mengaitkan tangan kanan dan kiri di belakang kepala dan punggung (jika tidak bisa Anda bisa menggunakan bantuan handuk kecil), tahan selama 15 detik dan lakukan secara bergantian di kedua sisi. Gerakan ini juga sangat berguna untuk meregangkan otot punggung dan pundak Anda.
  • Menekuk kepala ke sebelah kanan dan tahan selama 15 detik, kembali seperti semula dan lakukan hal yang sama dengan menekuk kepala ke bagian kiri. Gerakan ini akan membantu meregangkan otot leher dan pundak agar lebih rileks.

Selain beberapa gerakan di atas, Anda juga bisa mencontoh gerakan dari video olahraga yang bisa Anda dapatkan secara online. Tak perlu lama, Anda bisa melakukannya selama beberapa detik namun rutin, ya.

Posisi Duduk Tidak Membungkuk atau Terlalu Tegak

Badan pegal linu terutama bagian punggung juga bisa disebabkan oleh posisi duduk yang terlalu bungkuk ataupun terlalu tegak. Oleh karena itu, atur ketinggian kursi Anda agar sesuai dengan tinggi meja serta pastikan sandaran kursi tidak terlalu empuk. Dengan begini, posisi duduk tidak terlalu membungkuk dan kelengkungan tulang belakang juga bisa terjaga dengan baik.

Selesaikan Pekerjaan Satu Per Satu

Satu hal yang harus Anda ingat adalah bahwa Anda bukanlah sebuah robot yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan dalam sekali waktu tanpa lelah. Untuk itu, sangatlah penting untuk membuat satu strategi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Misalnya, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan rumah di pagi hari sebelum bekerja atau bisa juga dengan meminta bantuan anggota keluarga untuk menyelesaikannya. Jika Anda tinggal sendiri, tak perlu bingung karena saat ini sudah banyak tenaga bantuan untuk membersihkan rumah yang bisa Anda manfaatkan dengan harga yang terjangkau, kok. Namun, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya.

Minum Obat

Saat badan pegal linu melanda dan pekerjaan Anda tak bisa ditinggalkan, atasi dengan cara minum obat pereda pegal linu seperti NEO rheumacyl Tablet. Kemasannya yang praktis dalam bentuk tablet dan kandungan formula aktif Paracetamol serta Ibuprofen di dalamnya dipercaya sangat ampuh membantu meredakan nyeri otot dan juga pegal linu, salah satunya saat WFH. Oleh karena itu, segera lengkapi persediaan obat di rumah dengan membelinya secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti >Shopee, Tokopedia, >Blibli & >Lazada. Pegal linu melanda, NEO rheumacyl Tablet solusinya!

Source: Klikdokter

Related Article

OTOT

Sering Merasa Badan Pegal Bagian Belakang Saat WFH? Ini Penjelasannya!

aat WFH, hampir bisa dipastikan kalau sebagian orang akan merasakan badan pegal bagian belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor. ...

Read More

OTOT

Badan Pegal Ketika Bangun Tidur? Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Alih-alih merasa segar dan kembali bersemangat, namun yang Anda rasakan justru badan pegal ketika bangun tidur? Keluhan ini biasanya terjadi ...

Read More

OTOT

Mengenal DOMS, Sensasi Badan Pegal Setelah Workout. Pernah Mengalaminya?

Sering mengalami sensasi badan pegal setelah workout? Rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga ini dikenal ...

Read More