5 Bagian Tubuh Rawan Cidera yang Bisa Bikin Nyeri Otot

5 Bagian Tubuh Rawan Cidera yang Bisa Bikin Nyeri Otot

03-August-2020
Share

Terkadang, meski sudah berhati-hati dalam melakukan aktivitas berat seperti olahraga, cidera pada bagian tubuh tertentu tidak dapat dihindari. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan munculnya nyeri otot yang membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Agar lebih waspada, simak beberapa bagian tubuh yang rawan cidera dan cara mengatasinya berikut ini.

Ankle atau Pergelangan Kaki

Salah satu bagian tubuh yang seringkali mengalami cidera adalah bagian ankle atau pergelangan kaki. Cidera yang lebih dikenal dengan sebutan keseleo atau terkilir ini biasanya terjadi saat orang berolahraga yang melibatkan gerakan lompatan atau tendangan, seperti sepakbola, lari, skipping, bahkan saat berjalan kaki. Seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki kelainan di pergelangan kaki atau yang sudah pernah mengalami cidera kaki tentu memiliki risiko lebih besar untuk kembali mengalaminya, hal ini disebabkan otot di pergelangan kaki yang lemah.

Lutut

Lutut juga menjadi bagian tubuh yang rawan mengalami cidera akibat aktivitas berat, seperti pada olahraga basket, sepakbola, dan voli yang banyak melibatkan gerakan melompat dan mendarat dengan cukup keras, serta memiliki risiko berbenturan dengan orang lain yang lebih besar. Cidera yang cukup berat pada bagian lutut biasanya membutuhkan penanganan yang serius dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyembuhannya.

Pergelangan Tangan dan Siku

Bagian tubuh lainnya adalah pergelangan tangan dan siku. Orang yang mengalami cidera di bagian ini biasanya mereka yang terbiasa melakukan aktivitas yang memanfaatkan kekuatan tangan, mulai dari pelukis, penulis, tukang kayu, hingga tukang daging.

Pangkal Paha

Mereka yang gemar melakukan olahraga sepakbola atau aktivitas berat lainnya juga memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami cidera pada pangkal pahanya. Dalam kondisi ini, mereka akan merasakan otot pangkal paha seperti tertarik akibat beban berlebih atau tarikan yang cukup kuat pada otot di area pangkal paha saat berolahraga. Bahkan, jika otot meregang secara berlebihan bisa memicu otot robek.

Betis

Sama halnya seperti bagian pangkal paha, sebagian besar orang pasti pernah merasakan sensasi otot yang tertarik di bagian betisnya. Rasa yang ditimbulkan pun cukup sakit dan membuat Anda tidak bisa beraktivitas dengan nyaman. Hal ini mungkin saja akibat jaringan otot di betis mengalami peradangan akibat robekan otot mikro yang dipicu oleh beberapa kondisi, seperti telapak kaki datar, sepatu yang kurang pas dengan tipe kaki, tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, atau melemahnya otot di beberapa bagian tubuh lainnya, seperti pinggang, panggul, atau pergelangan kaki. Jika hal ini terjadi, biasanya orang akan mengatasinya dengan cara meluruskan kedua kaki dengan ujung jari kaki menghadap ke atas hingga nyerinya berkurang.

Untuk meminimalisir terjadinya cidera di beberapa bagian tubuh, ada baiknya untuk selalu melakukan pemanasan, menghindari gerakan tiba-tiba, dan segera beristirahat saat badan terasa lelah. Sediakan pula NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT dan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo maupun pegal-pegal saat beraktivitas berat dan berolahraga.

Dapatkan produk NEO rheumacyl Otot & Sendi HOT dan NEO rheumacyl Otot & Sendi Hangat dengan cara membelinya secara online di Blibli, Lazada, tokopedia, Shopee, JD dan Gogobli sekarang juga.

Related Article

OTOT

Inilah 3 Asupan Makanan yang Penting untuk Kesehatan Otot dan Sendi!

Selain dengan berolahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat, pola hidup sehat lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ...

Read More

OTOT

Sering Nyeri Otot Bikin Parno? Atasi dengan Kebiasaan Sehat Berikut!

Keluhan nyeri otot seringkali dianggap sepele, padahal masalah ini sangat mengganggu, apalagi jika sering terjadi berulang kali. Wajar jika nyeri ...

Read More

OTOT

Tidak Perlu ke Luar Rumah, Solusi mandiri atasi Nyeri Otot dan Sendi

Bagaimana jika berada di rumah Anda mengalami masalah nyeri otot? Sedangkan situasinya belum memungkinkan untuk memanggil terapis dengan leluasa. Lantas ...

Read More