4 Kebiasaan Pakai gadget yang Bisa Bikin Nyeri Otot

4 Kebiasaan Pakai gadget yang Bisa Bikin Nyeri Otot

28-October-2018
Share

Gadget memang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Baik untuk kebutuhan pekerjaan, hiburan, maupun informasi. Saking krusialnya, Anda mungkin hampir tak bisa lepas dari gadget Anda, meskipun sudah tahu bahwa penggunaan gadget dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Namun ada baiknya, ada lebih memperhatikan hal ini dan membatasi penggunaan gadget secara bijak. Sebab, tak perlu menunggu waktu lama untuk merasakan dampak buruk kesehatan dari gadget. Contohnya gangguan yang sering Anda sepelekan berikut ini:

Sakit leher
Terus menerus melihat smartphone akan menjadikan postur tubuh Anda buruk, karena posisi kepala yang terus tertunduk. Hasilnya? Anda merasakan kekakuan di bahu dan di belakang leher Anda. Dilansir dari globalnews.ca, Dr. Katherine Tibor, seorang chiropractor dari Ontario Chiropractic Association mengibaratkan kebiasaan ini dengan sebuah pohon dengan tas berat yang tergantung di satu cabang pohon. Cabang akan mulai terbebani dan miring akibat tas yang besar.

Sakit punggung dan pinggang
Kebiasaan menunduk melihat smartphone bukan hanya memengaruhi leher, tetapi juga punggung dan pinggang Anda. Sebab, terlalu banyak membungkuk ke depan akan mempengaruhi punggung bawah dan semua otot yang mengikuti tulang belakang Anda. Dalam posisi yang benar, tubuh didesain untuk menopang beban tubuh Anda, namun dalam posisi kepala menunduk, maka akan meningkatkan beban tubuh Anda.

Linu di pergelangan tangan
Ketika Anda menggenggam ponsel untuk waktu yang lama, bahkan mungkin sepanjang hari, maka pergelangan tangan dan lengan Anda berada dalam posisi tertekuk dan tidak santai. Untuk melakukan gerakan tersebut, Anda menggunakan bicep dan lengan bawah untuk menggenggam gadget dan itu menjadi beban tambahan. Akibatnya, Anda mungkin akan mengalami linu mulai dari pergelangan tanngan hingga lengan bawah. Kebiasaan ini juga membuat tangan Anda lebih mudah cedera.

Jempol ‘nyut-nyutan’
Terdapat otot kecil di tangan yang mengontrol jari jempol Anda saat bergerak dan menggunakan smartphone. Padahal tekanan tersebut tidak sesuai dengan fungsi asli jempol yaitu untuk mencengkram dan menggenggam, Namun Anda justru menggeser jempol Anda secara berulang di layar smartphone sehingga tendon tertekan dan sewaktu-waktu mungkin saja terjadi peradangan di sekitarnya.

Jika dampak di atas mulai Anda rasakan, segera ubah kebiasaan menggunakan gadget yang Anda lakukan. Anda mungkin bisa mulai mengurangi frekuensi penggunaannya. Selain itu, coba oleskan NEO rheumacyl Cream Hot pada bagian yang terasa sakit atau nyeri. NEO rheumacyl Cream Hot berguna untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal yang cepat meresap, panasnya pas dan tidak lengket di kulit.

Related Article

OTOT

Manfaatkan Bahan Alami, Ini Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Empon-empon

Pandemi COVID-19 bukan hal yang dapat disepelekan. Selain pesebarannya yang dengan cepat meluas di berbagai negara di seluruh dunia, terdapat ...

Read More

OTOT

Cara Memilih Produk Pereda Nyeri Otot dan Sendi yang Tepat. Apa Saja, Ya?

Saat ini berbagai produk pereda nyeri otot dan sendi banyak dijual bebas di pasaran. Memang hal ini memudahkan Anda untuk ...

Read More

OTOT

Penting Disimak, Ini Dia Penyebab Sakit Pundak dan Leher yang Sering Anda Alami

Hampir bisa dipastikan kalau banyak orang seringkali mengalami keluhan sakit pundak dan leher, terutama orang dengan rutinitas sehari-hari yang cukup ...

Read More