Betis tiba-tiba Kram Pada Waktu Tidur Ini Penyebabnya

Betis tiba-tiba Kram Pada Waktu Tidur Ini Penyebabnya

16-March-2018
Share

Pernahkah tiba-tiba Anda terbangun ketika sedang tidur akibat merasakan sakit atau keram saat sedang tidur? Ternyata hal ini juga pernah dirasakan kebanyakan orang dan tentunya cukup mengganggu. Diperkirakan, kram pada bagian kaki, terutama betis, maupun paha dan jari kaki ini berkaitan dengan paparan suhu dingin atau otot yang tegang setelah bekerja keras. Selain alasan-alasan tersebut, beberapa alasan berikut juga mempengaruhi terjadinya sakit atau kram pada waktu tidur;

#1: Sirkulasi Darah yang Tidak Lancar

Seperti dilansir dari situs Alodokter, tidak lancarnya suplai darah ke bagian betis dapat menimbulkan nyeri selama beberapa saat. Ini bisa terjadi karena sewaktu kita tidur, posisinya kurang rileks sehingga otot paha maupun betis tertekan. Oleh karenanya biasakan tidur dengan posisi tidur yang dianjurkan oleh pakar kesehatan yaitu telentang dengan keadaan kedua lengan berada di samping (Soldier).

#2: Kekurangan Cairan Tubuh

Salah satu penyebab kram adalah akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Karenanya biasakan untuk minum air mineral 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

#3: Jarang Melakukan Latihan Gerakan Stretching

Jika jarang berolahraga tentunya akan menyebakan otot menjadi menegang, oleh karena itu lakukan olahraga rutin atau sekedar melakukan latihan gerakan stretching ringan. Latihan ini diperlukan, untuk membantu merelaksasi otot dan persendian, sehingga ketika Anda dihadapkan pada rutinitas padat dan kerja berat otot-otot tidak mengalami kaget.

#4: Kurang Nutrisi

Seperti dilansir dari laman lifestyle.kompas.com, kurangnya asupan mineral berupa kalium, magnesium, kalsium, dan mineral lain dalam darah dapat menjadi faktor mengapa masalah kram ketika tidur terus menerus kambuh.

#5: Otot yang Tegang
Menghabiskan seharian dengan terlalu lama berdiri atau duduk juga dapat menyebabkan otot tegang dan sirkulasi kurang lancar, yang berujung kram saat tidur. Karenanya lakukan gerakan-gerakan ringan saat kondisi dimana Anda diharuskan berdiri atau duduk dengan waktu lama. Saat berdiri ganti tumpuan kaki secara bergantian, dan jangan lupa tetap gerak-gerakkan kaki saat duduk.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pelemasan otot, merendam kaki dalam air hangat. Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan NEO rheumacyl Cream Muscle & Joint yang efektif sebagai pereda nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, keseleo, terkilir, dan nyeri bagian tubuh lainnya. Cepat meresap, Tidak lengket & Hangatnya tahan lama sehingga nyaman dipakai, tidur Andapun kembali pulas. 

Related Article

SENDI

4 Aktivitas Pemicu 3K (Kram, Kebas, Kesemutan)

4 Aktivitas Pemicu 3K (Kram, Kebas, Kesemutan) - Kram, kebas, kesemutan semakin lazim Anda rasakan. Pertambahan usia adalah salah satu ...

Read More

SENDI

7 Tips Bebas Pegal Linu Saat Nonton Asian Games

Selagi Asian Games digelar di negara kita, tentunya Anda tidak ingin ketinggalan euforia kemeriahannya bukan? ...

Read More

SENDI

2 Cabang Olahraga Asian Games Ini Bisa Memicu Sakit Pinggang

2 Cabang Olahraga Asian Games Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Pinggang - Olahraga sejatinya memang melelahkan, identik dengan keringat yang ...

Read More