blog 1

ARTIKEL

Sering Sakit Pinggang Sebelah Kiri? Apa saja penyebabnya dan seberapa berbahaya untuk kesehatan Anda?

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri?

Pinggang adalah salah satu bagian tubuh yang rentan terasa sakit. Namun pada banyak kasus, sakit pinggang hanya terjadi di salah satu sisi saja. Kali ini, akan dibahas sakit pinggang terjadi pada bagian kiri tubuh. Apa saja penyebabnya dan seberapa berbahaya untuk kesehatan Anda?

  • Gangguan saraf

    Ketika saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai tertekan atau terjepit., maka akibatnya pinggang akan terasa sakit. Kondisi ini disebut skiatika. Salah satu cirinya bagian pinggang terasa kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang ke bagian tungkai dan kaki.

  • Gangguan fungsi ginjal

    Ginjal yang terletak di dalam perut, dekat dengan pinggang, ternyata dapat menyebabkan nyeri pada pinggang apabila mengalami batu ginjal atau infeksi ginjal. Anda akan merasakan nyeri yang cukup hebat di antara tulang rusuk paling bawah hingga ke panggul.

  • Gangguan di sekitar rahim

    Letak rahim yang berada dekat dengan pinggang juga bisa menimbulkan rasa sakit apabila terdapat gangguan seperti kista ovarium, endometriosis, dan kehamilan.

  • Cedera dan Ketegangan otot

    Jika aktivitas yang Anda lakukan melibatkan gerakan punggung yang berat dan ekstrim, maka otot di sekitar punggung bisa tertarik hingga menjadi tegang, bahkan yang lebih parah—robek dan cedera. Akhirnya pinggang terasa sakit dan kaku. Jika hal ini yang jadi penyebab sakit pinggang Anda, ketegangan otot bisa diatasi dengan cara beristirahat dan melakukan fisioterapi. Anda juga bisa mengoleskan NEO rheumacyl Koyo Hangat yang berguna untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal pada bagian yang terasa sakit. Karena hangatnya pas, tahan lama dan tidak berbekas di kulit setelah dilepas.

SHARE ON :