Mencegah Nyeri Otot Paha Dalam karena Berolahraga

Mencegah Nyeri Otot Paha Dalam karena Berolahraga

25-September-2017
Share

Anda penggemar olahraga? Berarti Anda mungkin sudah pernah mengalami nyeri otot paha dalam. Otot paha bagian dalam juga disebut otot adduktor fungsi utamanya adalah untuk memutar jari-jari kaki saat berjalan atau berlari. Oleh sebab itu, jika olahraga yang Anda lakukan menuntut untuk banyak berjalan atau berlari, kemungkinan Anda mengalami cedera pada bagian ini lebih besar.

Salah satu penyebab nyeri paha bagian dalam adalah cedera atau tertariknya otot di bagian pangkal paha. Hal ini sering terjadi pada pelari dan orang-orang yang melakukan olahraga seperti tenis, sepak bola, bulu tangkis, dan semacamnya. Nyeri yang dirasakan mulai dari sedang hingga berat.

Salah satu cara terbaik untuk Mencegah Nyeri Otot paha dalam adalah dengan melakukan pemanasan yang benar sebelum berolahraga. Berikut ini adalah beberapa gerakan pemanasan yang dapat meminimalisasi nyeri otot paha dalam.

  1. Buka lebar kedua kaki Anda. Ujung telapak kaki kiri lurus ke depan, sementara ujung telapak kaki kanan membuka ke arah samping. Tekuk lutut kanan perlahan, tahan selama 10 detik sebelum Anda meluruskannya kembali. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri. Ulangi sebanyak lima kali untuk setiap kaki
  2. Duduk di lantai dengan posisi bersila. Atur agar telapak kaki kanan dan kiri saling bertemu. Luruskan punggung. Tahan dengan memegang bagian pergelangan kaki. Tahan selama delapan hitungan, ulangi sebanyak lima kali.
  3. Berbaring dengan punggu lurus di atas lantai atau yoga mat Anda. Tekuk lutut hingga membentuk sudut 45 derajat. Angkat kedua kaki masih dalam posisi lutut ditekuk. Pindahkan posisi pergelangan kaki kanan ke atas paha kiri. Tahan selama delapan hitungan, ulangin sebanyak lima kali untuk setiap kaki.
  4. Berbaring dengan punggung lurus di atas lantai atau yoga mat Anda. Angkat kedua kaki Anda lurus ke atas. Jatuhkan perlahan ke sisi kanan dan kiri tubuh secara bergantian. Pastikan gerakan Anda benar, rasakan hingga otot pinggang Anda terasa ditarik dan lentur.

Selain gerakan pemanasan di atas, sebaiknya hindari untuk verolahraga terlalu keras karena jika otot Anda terlalu banyak bekerja, dapat menimbulkan rasa sakit. Akhiri aktivitas olahraga Anda dengan melakukan pendinginan.

Sebelum pemanasan, Anda juga bisa menggunakan NEO rheumacyl Cream yang berguna untuk meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Hal ini bisa membantu mencegah nyari dan kram otot yang terjadi ketika berolahraga. Namun, jika Anda mengalami cedera atau terbentur saat berolahraga gunakan NEO rheumachyl Anti Inflammation yang  merupakan solusi efektif meredakan nyeri tak tertahankan Nyeri Otot , dan sendi yang disertai bengkak, kemerahan dan radang sendi sehingga pergerakan menjadi lancar kembali. 

Related Article

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling - Pada akhirnya akan mengganggu keseruan perjalanan Anda. Agar bebas dari nyeri ...

Read More

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar - Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan, cek tips ...

Read More

OTOT

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan ...

Read More