...

10 Hal Penting untuk Backpacking ke Alam Bebas

17-April-2018
Share

Backpacking ke alam bebas memang bukan kegiatan untuk sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki jiwa petualang sejati yang mampu menikmati hobi penuh tantangan semacam ini. Selain menantang fisik kita, aktivitas ini juga sangat menguji kesiapan mental dan kemampuan kita untuk survival. Apakah Anda salah satu yang hobi backpacking ke alam bebas? Tentunya Anda perlu memahami untuk mempersiapkan 10 hal berikut ini sebelum kamu pergi backpacking:

1. Alat navigasi

Tidak berlebihan kalau hal ini bisa disebut sebagai hal paling penting yang harus kamu bawa saat pergi backpacking. Terlepas dari ada tidaknya guide, ataupun teman yang mengenal medan, jangan kesampingkan alat navigasi dasar seperti peta dan kompas. Selain itu, ada baiknya kamu melatih kemampuan navigasi kamu khususnya di daerah yang akan kamu datangi. Sehingga kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti terpisah dari rombongan atau tersesat di hutan.

2. Pelindung dari matahari

Aktivitas backpacking yang kamu lakukan umumnya terjadi di siang hari saat matahari masih bersinar, karena lebih aman dibanding saat malam atau di tengah cuaca hujan ataupun saat malam. Tapi jangan salah, matahari yang tadinya merupakan sahabat untuk berpetualang juga bisa menjadi faktor yang bisa sedikit merugikan. Di samping kemungkinan kulit yang terbakar karena terkena sinar matahari berlebihan, heatstroke alias sengatan panas di mana suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celsius juga menjadi risiko saat kamu berada di medan yang tidak punya area teduh. Oleh sebab itu jangan lupa siapkan hal-hal seperti tabir surya, kacamata hitam, dan topi.

3. Insulasi (Pakaian luar)

Backpacking ke alam memang lebih enak dilakukan dengan pakaian yang nyaman, seperti kaos dan celana yang membuat kita mudah bergerak. Namun wajib dipersiapkan juga pakaian luar untuk melindungi tubuhmu dari cuaca. Cuaca di alam bebas bisa berubah cukup ekstrim dari siang menuju malam. Di area padang sabana yang siangnya begitu terik pun cenderung memiliki suhu yang rendah pada malam hari. Jadi siapkan pakaian ekstra untuk penghangat seperti jacket, parka, sweater, atau bahkan selimut sesuai medan yang akan kamu datangi.

4. Penerangan

Kemampuan visual kita sangat penting untuk menentukan navigasi. Oleh sebab itu, siapkan alat-alat penerangan ekstra seperti senter yang tetap ringkas, namun dapat bertahan cukup lama. Bawalah juga beberapa baterai cadangan untuk berjaga-jaga.

5. Pertolongan Pertama

Hal yang satu ini tak boleh terlewatkan untuk disiapkan sebelum kamu berangkat. Plester, perban, obat untuk demam dan obat-obatan pribadi lainnya wajib kamu siapkan agar selalu tersedia kapanpun kamu butuhkan. Jangan lupa juga obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan kamu untuk alergi atau bila kamu punya kebutuhan khusus. Selain itu siapkan juga NEO Rheumacyl untuk pertolongan pertama saat pegal atau cedera ringan supaya aktivitasmu tidak terhalangi!

6. Api

Perlengkapan untuk membuat api seperti korek api, pemantik, atau bahan bakar yang siap digunakan kapan saja akan sangat dibutuhkan untuk memasak atau membuat perapian. Jangan lupa juga untuk melindungi peralatan ini dari air dan hujan ya!

7. Alat serbaguna

Biasanya alat serbaguna seperti pisau lipat (swiss army knife) menjadi salah satu hal yang wajib disiapkan. Pisau lipat yang dilengkapi dengan obeng, pembuka kaleng, gunting, sampai pembuka botol dapat membantu kamu dengan praktis saat backpacking ke segala medan. Tergantung kerumitan dari pisau lipat yang kamu siapkan, alat-alat lain bahkan mungkin tersedia saat kamu butuhkan juga. Selain itu siapkan juga bahan perekat yang cukup kuat untuk kamu bawa untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan secara darurat seperti pada tenda, tas, maupun perlengkapan lainnya.

8. Makanan Cadangan

Disamping bahan makanan utama untuk kamu makan saat backpacking, siapkan juga paling tidak jatah makan 1 hari ekstra. Idealnya, bahan makanan cadangan ini instan tanpa perlu dimasak lagi. Selain bisa digunakan dalam kondisi darurat, bahan makanan ini juga bisa dimakan saat cuaca tidak mendukung dan membuatmu tak bisa memasak atau bahkan harus bertahan lebih lama di tengah perjalanan.

9. Air

Umumnya aktivitas backpacking di alam bebas akan memungkinkanmu bertemu sumber-sumber air untuk kebutuhan kamu seperti minum, mandi, dan sebagainya. Tapi jangan lupa siapkan juga cadangan air ekstra untuk siap digunakan setiap saat. Dehidrasi adalah musuh yang sangat berbahaya saat kamu berada di alam bebas. Akan lebih baik lagi jika kamu membawa filter air untuk menyaring air saat kamu tidak menemukan sumber air bersih.

10. Peneduh darurat

Disamping hal-hal lainnya yang sudah kamu siapkan yang terakhir adalah bentuk peneduh yang siap kamu gunakan kapan saja, selain tenda yang kamu gunakan saat berkemah atau tidur, siapkan juga terpal ringan, selimut darurat atau bahkan plastik berukuran besar yang bisa sewaktu-waktu kamu gunakan untuk menghindari hujan atau angin dingin.

Related Article

OTOT

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga - Nyeri otot adalah reaksi yang normal terjadi jika otot Anda melakukan aktivitas berat. ...

Read More

OTOT

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut - ...

Read More

OTOT

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot - Anda mungkin pernah mengalami hal-hal tersebut atau yang biasa dikenal sebagai ...

Read More