Penyebab dan Cara Mengatasi Trigger Finger atau Nyeri Sendi pada Jari

Penyebab dan Cara Mengatasi Trigger Finger atau Nyeri Sendi pada Jari

30-September-2020
Share

Nyeri sendi pada jari atau yang dikenal dengan istilah trigger finger adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan kaku dalam posisi yang sama. Umumnya, keluhan ini banyak dialami oleh mereka yang banyak melibatkan jari tangan dalam melakukan pekerjaannya, seperti penulis atau pekerjaan rumah yang dilakukan secara berulang. Keluhan yang muncul biasanya berupa rasa nyeri di pangkal jari saat menekuk atau meluruskan jari tangan, bahkan timbul benjolan di pangkal jari dan jari mengeluarkan bunyi saat ditekuk atau diluruskan jika nyeri sendinya sudah berlangsung lama.

Nyeri Sendi Pada Jari, Apa Penyebabnya?

Trigger Finger atau nyeri pada sendi jari memengaruhi kondisi jaringan di sekitar jari tangan yang disebut tendon, yaitu serat tebal yang menghubungkan otot kerangka. Hal ini bisa terjadi akibat tendon yang mengalami peradangan, sehingga tendon tidak bisa bergerak dan jari tangan menjadi kaku atau terkunci. Meski masih belum diketahui dengan jelas penyebab utamanya, namun beberapa faktor berikut ini bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalaminya. Apa saja, ya?

  • Melakukan aktivitas yang melibatkan kerja otot jari tangan secara berulang
  • Menggenggam benda terlalu kuat dalam waktu yang lama
  • Pernah mengalami cidera pada bagian telapak tangan atau pangkal jari
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, dan rheumatoid arthritis

Bagaimana Cara Mengatasi Trigger Finger atau Nyeri Sendi pada Jari

Untuk mengatasi nyeri pada sendi jari tangan umumnya beragam tergantung dengan tingkat keparahannya. Beberapa diantaranya antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mengistirahatkan jari tangan dari kegiatan yang dilakukan berulang. Tujuannya adalah untuk mengurangi peradangan pada tendon. Tapi tak perlu khawatir, Anda juga bisa menggunakan bantuan alat seperti hand splint untuk menjaga agar jari tidak menekuk dan menimbulkan nyeri yang berlebihan.
  • Saat rasa kaku dan nyeri pada sendi jari tangan mulai melanda, Anda bisa mengatasinya dengan mengompres menggunakan air dingin. Tujuannya adalah memberikan rasa nyaman melalui sensasi dingin yang muncul dan juga meredakan benjolan yang mungkin muncul di pangkal jari.
  • Minum obat pereda nyeri sendi, seperti NEO rheumacyl Tablet yang mengandung formula aktif Paracetamol dan Ibuprofen yang sudah teruji sejak lama mampu mengurangi nyeri sendi dan pegal linu, terutama di bagian jari tangan. Pastikan untuk membaca dosis dan aturan pakainya dulu, ya.
  • Jika keluhan nyeri sendi pada jari tangan semakin parah, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Hadir dalam kemasan tablet blister, NEO rheumacyl Tablet bisa didapatkan dengan praktis dan aman secara online hanya di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli & Lazada. Sangat cocok untuk menjadi pelengkap persediaan obat-obatan di rumah, nih!

Related Article

SENDI

Mulai Ikutan Tren Sepeda? Ini Tips untuk Atasi Pegal Linu Setelah Gowes

Bukan hanya ketika Anda sedang melaju dengan sepeda, tetapi juga setelah Anda selesai bersepeda. Berikut ini adalah tips untuk atasi ...

Read More

SENDI

Bagaimana Membedakan Radang Sendi dan Pegal Linu?

Nyeri ataupun pegal, seringkali dianggap sama dan diatasi dengan cara yang serupa.Apapun itu, tidak boleh disepelekan dan cara penangannya pun ...

Read More

SENDI

Bangun Tidur Kok Malah Pegal Linu? Mungkin Ini Penyebabnya...

Harapannya, tubuh akan terasa lebih segar setelah bangun tidur. Kenyataannya? Sekujur tubuh malah pegal linu! Kira-kira apa ya penyebabnya dan ...

Read More