blog 1

ARTIKEL

Tak melulu dialami oleh lanjut usia, sakit lutut juga banyak dialami oleh mereka yang masih berada di usia muda, salah satunya akibat sering naik turun tangga baik di rumah maupun di kantor.

Cara Mengobati Persendian Lutut untuk Anda yang Sering Naik Turun Tangga

Tak melulu dialami oleh lanjut usia, sakit lutut juga banyak dialami oleh mereka yang masih berada di usia muda, salah satunya akibat sering naik turun tangga baik di rumah maupun di kantor. Jika Anda termasuk salah satunya, mungkin awalnya Anda menganggapnya sebagai keluhan biasa saja dan bisa sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, tahukah Anda bahwa nyeri pada lutut ini bisa saja bertambah parah jika tidak segera diatasi.

Apa penyebabnya?

Dilansir dari versusarthritis.org,ada beberapa hal yang diduga menjadi penyebab lutut sakit atau sindrom patellofemoral.

  • kelemahan atau ketidakseimbangan otot paha atau bokong Anda
  • otot-otot di bagian belakang paha tegang
  • ligamen pendek di sekitar tempurung lutut Anda
  • masalah dengan berat badan, kebiasaan membawa beban berat, maupun posisi meluruskan kaki.

Ketidakseimbangan otot-otot di sekitar lutut Anda dapat memberi terlalu banyak tekanan pada tempurung lutut dan tulang rawan di persendian Anda, terutama jika seringkali harus naik turun tangga. Lalu, bagaimana cara mengobati persendian lutut yang sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Memberikan Pijatan Ringan

Cara mengobati persendian lutut yang sakit yang pertama adalah dengan memberikan pijatan ringan di bagian yang terasa nyeri. Ini caranya:

  • Duduk sambil meluruskan kedua kaki, kemudian mengepalkan kedua tangan dan memukul perlahan paha bagian atas, tengah, dan bawah sebanyak 10 kali.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan empat jari tangan (kecuali jempol) untuk mengetuk lutut dari atas ke bawah sebanyak 10 kali secara perlahan.
  • Terakhir, letakkan kedua telapak tangan di atas paha, lakukan gerakan memijat di bagian paha dan lutut kemudian kembali lagi ke paha dengan memberikan sedikit tekanan saat memijat.

Lakukan beberapa gerakan di atas secara rutin hingga rasa nyerinya mereda, terutama saat lutut sedang terasa sakit.

Melakukan Gerakan Peregangan

Selain memberikan pijatan ringan, melakukan gerakan peregangan secara rutin juga bisa mempercepat proses pemulihan lutut yang sakit. Caranya adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak dan lakukan gerakan peregangan berikut ini.

  • Mengangkat betis, yaitu memulainya dengan berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu, kemudian mengangkat tumit sehingga Anda berdiri di atas jari kaki sebagai tumpuannya. Tahan selama 10 detik, turunkan tumit, dan lakukan secara berulang.
  • Setengah squat, caranya hampir sama dengan squat pada umumnya yaitu berdiri sambil membuka kedua kaki selebar pinggul dengan jari kaki menghadap ke depan. Namun, pada setengah squat ini Anda cukup menurunkannya sebatas pinggul saja sambil mengencangkan otot perut. Lakukan selama 10 kali secara perlahan untuk membantu menguatkan otot lutut.

Menjalani Pola Hidup Sehat

Cara meng

Minum Obat Pereda Nyeri

Lutut yang sakit saat beraktivitas juga bisa diatasi dengan minum obat obat pereda nyeri sendi dan otot, seperti NEO rheumacyl Tablet yang bisa Anda bawa kemana saja. Kandungan Ibuprofen dan Paracetamol di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri otot dan sendi pada tempurung kaki, sehingga pemulihan lutut bisa berjalan lebih cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Yuk, sediakan selalu NEO rheumacyl Tablet dengan cara membelinya secara online di Tempo Store Official melalui Ecommerce kesayangan seperti Shopee, Tokopedia, Blibli,Lazada. agar aktivitas di kantor tetap nyaman dan menyenangkan.

SHARE ON :