blog 1

ARTIKEL

Kebiasaan merenggangkan atau membunyikan persendian, seperti menarik buku-buku jari, pergelangan kaki, siku, atau bahkan leher, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang.

Benarkah Membunyikan Sendi Bisa Berbahaya?

Kebiasaan merenggangkan atau membunyikan persendian, seperti menarik buku-buku jari, pergelangan kaki, siku, atau bahkan leher, sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, kebiasaan ini menuai perdebatan dalam dunia kesehatan. Bahkan membunyikan persendian disebut-sebut dapat menyebabkan penyakit arthritis. Bernahkah membunyikan sendi bisa berbahaya?

Pada dasarnya membunyikan sendi, sepanjang tidak menimbulkan rasa sakit, maka tidak berbahaya. Namun secara umum, membunyikan persendian secara sengaja dan berulang-ulang berpotensi bisa mengganggu dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun begitu, website kesehatan web MD menyebutkan belum ada pembuktian bahwa kebiasaan ini menyebabkan arthritis.

Bunyi ‘crack’ pada sendi (cracking joint) disebabkan oleh tekanan negatif yang menarik gas nitrogen sementara ke dalam sendi, seperti saat buku-buku jari ditarik. Hal ini tersebut tidak berbahaya. Suara ‘cracking’ juga bisa terdengar jika tendon tertarik di atas jaringan karena adanya penyesuain posisi persendian. Hal ini terjadi saat penuaan seiring dengan bertambahnya massa otot dan perubahan aktivitas.

Jika membunyikan sendi disertai rasa sakit, mungkin ada kelainan mendasar pada struktur sendi, seperti tulang rawan yang longgar atau ligamen yang cedera. Itu sebabnya Anda tidak boleh membunyikan persendian terlalu sering apalagi jika terlalu dipaksakan. Dikhawatirkan akan terjadi cedera dan kekukatan untuk menggenggam semakin lemah.

Dibanding membunyikan persendian untuk menetralisir rasa pegal pada persendian, lebih baik gunakan NEO rheumacyl Joint Care yang mengandung Glucosamine, MSM, Methyl Salicylate. Berguna untuk meredakan nyeri sendi dan memelihara kesehatan persendian. Sendi lebih sehat dan bebas pegal tanpa khawatir risiko cedera!

SHARE ON :