blog 1

ARTIKEL

Benarkah makanan yang kita konsumsi bisa sebabkan nyeri sendi? Simak lebih lanjut jawabannya.

Benarkah Makanan yang Kita Konsumsi Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi?

Jika masalah nyeri sendi Anda semakin memburuk, mungkin ini saatnya Anda perlu melihat pilihan nutrisi Anda. Bisa jadi, apa yang Anda masukkan ke keranjang belanjaan dan konsumsi setiap hari adalah penyebabnya. Benarkah makanan yang kita konsumsi bisa sebabkan nyeri sendi? Simak lebih lanjut jawabannya.

Mengonsumsi beberapa jenis makanan terlalu banyak  dapat memicu respons inflamasi Anda dan menyebabkan nyeri otot, saraf, atau sendi. Dalam beberapa kondisi, perubahan pola makan dapat membuat perbedaan besar dalam mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Makanan tertentu diketahui dapat meredakan peradangan, sementara sebagian makanan lain dapat memperburuknya. Faktanya, menurut Harvard Health Publishing, "Banyak rasa sakit kronis merupakan akibat dari peradangan kronis, dan ada banyak bukti yang cukup kuat bahwa diet atau pola makan Anda dapat berkontribusi pada peningkatan peradangan sistemik."

Jadi, makanan apa yang perlu dihindari untuk mencegah nyeri sendi? Berikut jenis makanan yang perlu Anda perhatikan jika sering mengalami nyeri sendi:

  • Makanan olahan berat yang mengandung banyak gula dan/atau lemak trans (termasuk kue, donat, dan margarin)
  • Kentang, tomat, terong, serta sayuran keluarga Solanaceae lainnya.
  • Makanan dan minuman berkafein
  • Roti putih atau karbohidrat olahan lainnya
  • Alkohol
  • Daging merah seperti steak, daging sapi, atau ham

Jenis-jenis makanan di atas dapat memicu kondisi tertentu dalam tubuh Anda. Gula dan aspartam dapat meningkatkan kadar insulin dan sensitivitas nyeri Anda. Kafein dan tomat meningkatkan tingkat keasaman tubuh Anda dan meningkatkan nyeri inflamasi.

Selain itu, pola makan dan nutrisi yang tidak seimbang juga dapat mengarah pada risiko berat badan berlebih. Berat badan berlebih dapat memberi tekanan ekstra pada otot dan sendi Anda saat menopang tubuh. Hal ini lah yang dapat memicu nyeri sendi dan nyeri otot, serta mempercepat degenerasi sendi.

Mengubah pola makan adalah salah satu kunci untuk mencegah risiko berlanjut dari nyeri sendi.Beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk kesehatan sendi antara lain

Ikan yang tinggi Omega-3, kunyit. Bawang putih, brokoli, extra-virgin Olive Oil, dan Buah-buahan seperti ceri, apel, buah naga, stroberi dan anggur yang kaya senyawa antosianin untuk melawan pembengkakan persendian.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa meredakan nyeri sendi dengan obat pereda nyeri yang mengandung ibuprofen dan Vitamin B1, B6 & B12 untuk mengatasi nyeri, kram, kebas, kesemutan, sekaligus menjaga kesehatan syaraf.

SHARE ON :